Minggu, 24 Agustus 2014

PKS PIYUNGAN

PKS PIYUNGAN


Hanya HAMAS yang Mampu Menjewer Israel

Posted: 24 Aug 2014 03:30 PM PDT



Pelanggaran atas HAM, resolusi PBB, hingga penggunaan senjata yang diharamkan DK PBB terus berlanjut. Namun, apa sich yang tidak boleh dilakukan Israel? Toch tak ada yang berani sekedar menegur. Jangan coba-coba mengancam apalagi menghukum Israel. Bisa jadi, anda dan kekuasaan anda akan raib selama-lamanya.

Hal ini yang pernah dilakukan Presiden Moursi tahun 2012. Saat itu Mursi berhasil menekan Israel dan gagal menyerang Gaza. Apa yang kemudian terjadi? Israel mempercepat proses kudeta, dan kita paham apa yang terjadi di MEsir saat ini adalah hasil jerih payah Israel mendidik dan membesarkan agen-agennya. Anehnya Mursi masih saja dituduh antek AS-budak Israel. Bahkan oleh beberapa kalangan gerakang Islam "paling syariah", Mursi disalahkan karena mengangkat As-Sisi. Tipe gerakan demikian, biasanya hanya "Teks book" dan tidak pernah nyata ada dalam lapangan. Tidak dalam jihad, tidak pula dalam pembangunan peradaban Islam.

Ya, kembali kepada pelanggaran Israel. Intruksi Kabinet Israel adalah, meratakan seluruh bangunan tinggi di Gaza, tanpa mempedulikan berpenghuni atau tidak. Toch Israel kini semakin PD, terutama setelah dunia "dipalingkan" perhatiannya dengan keberadaan ISIS yang dibuat sedemikian "heboh". Seakan ISIS adalah kekuatan superpower yang akan melumat AS-Barat dan sekutunya. Netanyahu malah komat-kamit di deipan Ban Ki Moon, "HAMAS itu bagian dari ISIS." Hal yang sama dilakukan media-media Mesir. Mereka menghubung-hubungkan ISIS dengan Ikhwanul Muslimin. Aneh bin ajaib memang.

Melihat gelagat Israel yang membabibuta, HAMAS-Jihad Islam tidak tinggal diam. Area-area pemukiman Israel yang menjadi front terdepan berhadapan dengan Gaza dijadikan sasaran. Sudah 7 tentara Israel mati dan 11 orang luka-luka. Selain kerusakan non material yang hingga kini ditutup-tutupi Kabinet Israel. Hari ini saja, 24/08/14, HAMAS-Jihad Islam menembakkan 160 rudal, dan hanya 10 % yang tertahan Iron Drome nya Israel. Sehingga warga Israel yang menghuni pemukiman di sekitar Gaza, memilih eksodus terlebih saat melihat Komandan Tempur yang menjadi PJ lapangan invasi ke Gaza lari tunggang langgang melihat gempuran rudal dan roket HAMAS.

Melihat kemampuan HAMAS, Israel kini makin pening. Jubir Israel mencoba menyoroti uang dollar yang terbakar. Uang tersebut dituduhkan milik komandan dan qiyadah HAMAS. Tentu saja dengan ditaburi bumbu, "Noh liat, qiyadah HAMAS menyimpan tabungan dollar, di saat rakyat Gaza kesusahan." Isu dan gambar ini pasti akan digoreng hingga gosong oleh para pembenci HAMAS. Alih-alih merasa simpatik dan mendukung HAMAS sepenuh hati karena menjadi satu-satunya gerakan Islam yang berani melawan Israel. Justru setiap isu dari militer Israel yang negatif seputar HAMAS, menjadi amunisi yang siap dilontarkan di medsos tanpa tanggung jawab.

Saya tak bisa lagi bermimpi, seandainya saja senjata Israel selengkap yang dimiliki Saudi, Emirates, Mesir, Jordania. Lalu diberikan ke HAMAS. Apa jadinya Israel? Saya tak berani bermimpi, karena bermimpi di zaman kudeta itu dilarang. Lebih enak di zaman demokrasi, teriak-teriak pun tidak dipermasalahkan. Wallahu A'lam.

(By: Nandang Burhanudin)


Jokowi Mulai Gunakan Sedan Mewah Mercedes Benz, Selamat Tinggal Bajaj...

Posted: 24 Aug 2014 02:10 AM PDT



Lain dulu lain sekarang.... Dulu saat mendaftar calon Presiden Jokowi naik bajaj bekas, beda dengan Prabowo yang naik mobil Lexus... sampai-sampai berita ini jadi headline media-media untuk menggiring opini 'Jokowi merakyat' sedang 'Prabowo Bergaya Mewah'...

Jokowi-JK Naik Bajaj, Prabowo-Hatta Pilih Naik Lexus ke KPU
(detikcom http://news.detik.com/read/2014/06/01/135721/2596473/1562/jokowi-jk-naik-bajaj-prabowo-hatta-pilih-naik-lexus-ke-kpu?992204topnews)

Prabowo Vs Jokowi antara Lexus Vs Bajaj

Seperti halnya nasib ESEMKA yang jadi alat pencitraan Jokowi maju Gubernur DKI, Bajaj bekas yang diperalat Jokowi maju capres pun sekarang diganti dengan Sedan Mewah Mercedes Benz.

Republike Online sabtu kemarin (23/8) menurunkan liputan kendaraan Jokowi sekarang dengan judul berita "Jokowi Mulai Gunakan Sedan Mewah Mercedes Benz".

Ini foto-fotonya:







Kesantunan Politisi PKS, Antara Anis Matta dan Fahri Hamzah

Posted: 24 Aug 2014 01:50 AM PDT



Banyak pihak yang ingin Partai Keadilan Sejahtera 'musnah' dari percaturan politik di Indonesia. Pihak tersebut adalah pihak yang di duga memang anti kepada Islam, selain kepada PKS. Bahkan sebelum Pemilihan Umum 2014, banyak pengamat politik, media, lembaga survei, tokoh yang mengklaim bahwa PKS tidak lolos 'Parliamentary Threshold. Tapi sangat disayangkan untuk kesekian kalinya prediksi semua itu salah total.

Lalu apa yang menarik untuk di ulas tentang PKS menurut Silontong*? Sebenarnya ada banyak sekali, namun untuk kesempatan ini, Silontong akan menulis tentang kesantunan politisi PKS yaitu: Anis Matta dan Fahri Hamzah.

Saya yakin tulisan ini bisa saja bersifat subjektif, walau Silontong berupaya seobjektif mungkin. Bisa saja tulisan ini akan membuat 'panas' para manusia (haters) yang benci PKS, walau Silontong menulis atas dasar data dan fakta.

#1. Kesantunan Anis Matta

Media menjadi saksi sejarah ketika salah satu politisi Partai Amanat Nasional (PAN), yang dalam persidangan, Wa Ode mengatakan bahwa Marzuki Alie menerima Rp 300 miliar, sedangkan masing-masing wakil ketua DPR dan pimpinan Banggar Rp 250 miliar, termasuk Wakil Ketua DPR RI Anis Matta (PKS) dan Pramono Anung (PDIP).

Tudingan Wa Ode kepada Anis Matta ternyata hanya fitnah saja, tanpa dasar bukti, data dan fakta. Dan Anis pun sempat dipanggil Komisi Pemeriksaan Korupsi (KPK), tapi lagi-lagi KPK gagal menemukan bukti yang kuat untuk menciduk mantan Sekjen PKS tersebut.

Walau namanya sempat tercoreng, walau Wa Ode melakukan fitnah kepada Anis, namun Anis Matta tetap memaafkan Wa Ode.

"Atas pencemaran ini saya tetap akan memaafkan Wa Ode atas ketidakpahamannya. Dalam Kabar dan Gambar Anis Matta terbaru yang mengatakan Cintalah yang bisa membuat Indonesia menjadi sepenggal firdausmenegakkan hukum, yang dikedepankan adalah pendekatan rasional, bukan emosional. Lebih baik fokus bersama KPK memberantas korupsi," kata Anis dalam siaran persnya kepada Tribunnews.com, Kamis(3/5/2012).

Selain itu, kesantunan politik Anis Matta yang lain adalah, ketika ia terpilih atau di amanahkan menjadi Presiden PKS, ia pun langsung mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua DPR RI.

Rangkap jabatan memang secara pandangan politik tidak masalah, namun secara etika akan bisa menimbulkan potensi masalah. Juga dari sisi fokus, tentu akan berbeda proses dan hasil jika orang bekerja pada dua posisi dan satu posisi.

Terlepas dari semua itu, sikap Anis Matta yang mengundurkan diri dari Wakil Ketua DPR RI ketika itu patut mendapat apresiasi sebagai bentuk 'kefatsunan' atau kesantunan politik.

#2. Kesantunan Politik Fahri Hamzah

Banyak yang 'benci' sama politisi asal Makasar ini. Namun banyak juga yang kagum dengan sosoknya Kabar dan Gambar Fahri Hamzah terbaru yang sedang pegang buku karyanya sendiriyang selalu kritis kepada siapa pun, bukan hanya kepada SBY, kepada KPK, kepada Media, kepada Jokowi, kepada siapa saja, ia juga pernah kritis kepada Tifatul Sembiring.

Jadi, sikap kritisnya memang bersifat menyeluruh, artinya segala yang menurut pengamatan Fahri ada yang salah, maka mulutnya tidak bisa bungkam, tangan tidak bisa berhenti menulis kicauan di akun twitternya.

Jokowi adalah orang yang 'empuk' menjadi bulan-bulanan kritik Fahri selain akun @TM2000back. Wajar jika para pendukung Jokowi pun anti sama PKS dan Fahri Hamzah. Walau para pendukung Jokowi sebenarnya banyak yang tidak 'tahu' masalah sesungguhnya.

Di bulan Agustus 2014, Fahri Hamzah mendapat tudingan (baca:fitnah) dari saksi dalam persidangan Anas Urbaninggrum (AU) yang bernama Yulianis. Dalam kesaksiannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Senin (18/8/2014), Yulianis mengatakan bahwa ia memberikan uang $25.000 kepada Fahri.

Atas kesaksian palsu Yulianis, media anti PKS pun mendadak geger. Ini kesempatan untuk menghancurkan PKS (mungkin) yang ada di benak media kala itu (tidak kalah hebohnya dengan kicauan kata 'sinting' Fahri). Ditengah hebohnya media mempublikasikan berita tersebut, sosial media pun latah dan ikut geger juga. Berbagai cacian, makian, hujatan, umpatan mengarah ke Fahri Hamzah dan PKS.

Lalu, apa komentar Fahri? Melalui akun Twiter yang dirilis laman pkspiyungan (18/8/2014), Fahri memberikan jawaban dan klarifikasi dari fitnah tersebut seperti berikut ini:

"Teman2 Pers, Saya mohon maaf karena masih rapat dari tadi. Berikut klarifikasi soal Yulianis.

Saya belum tahu Persis nya seperti apa beritanya. Dan sy tidak merasa punya hubungan apapun dgn Yulianis dan Nazar. Apalagi soal uang.

Saya persilahkan nazar dan yulianis klarifikasi soal kehadiran saya di wisma permai.

Saya tidak pernah ke sana. Tidak tahu di mana Dan tidak pernah terdengar selama ini sy berurusan dengan mereka.

Sudah hampir 5 tahun umur kasus hambalang. Tiba2 saya disebut terima uang. Tiada ba bi bu…

Sy gak akan melaporkan mereka ke manapun sebab sy merasa mereka juga sedang susah.

Terlebih sahabat saya @anasurbaningrum saya terus mendoakan agar beliau diberikan kekuatan dalam memperjuangkan hak-haknya."

Demikian klarifikasi sementara.

Tidak lama setelah klarifikasi Fahri, pembelaan pun datang dari Nazaruddin (mantan Bendahara Umum Demokrat) yang mengatakan:

"FAM itu adalah Fahmi," ujar Nazaruddin seusai memberikan kesaksiannya di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Jumat, 21 Agustus 2014, seperti dilansir Tempo.

Menurut Nazar, Fahmi adalah rekan bisnisnya. Nazar berkali-kali mengatakan kepada wartawan bahwa yang menerima uang US$ 25 ribu yang dimaksudkan Yulianis adalah Fahmi, bukan Fahri Hamzah.

Sementara itu, KPK pun 'merasa' ada kesempatan untuk menelusuri dan mendalami kesaksian Yulianis tersebut, namun amat disayangkan kesempatan itu kandas.

Dari kejadian diatas, walau Fahri Hamzah dikenal sebagai orang yang vokal dan emosional, namun ia tidak mau menuntut Yulianis atas fitnah yang dilontarkannya. Fenomena ini adalah bentuk kesantutan politik Fahri, dimana ia punya nurani, dimana ia bisa memahami kesulitan Yulianis. Mungkin saja, Yulianis salah ucap, atau mungkin juga Yulianis mendapat tekanan dari pihak tertentu, atau mungkin juga Yulianis memang sengaja. Entahlah!

Namun dibalik semua itu, tidak ada dendam dari mantan Ketua Umum Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) itu kepada Yulianis. Budaya memaafkan kader PKS adalah hal yang biasa sebenarnya, karena 'tagline' Partai Bulan Sabit Kembar itu adalah: "Cinta, Kerja dan Harmoni". Jadi hal yang wajar jika kesantunan politik begitu mengakar dalam diri setiap kader PKS walau terlalu sering mendapat fitnah.

Memang sudah saatnya para politisi Indonesia bisa mengamalkan prilaku santun dalam berpolitik dan menghilangkan prilaku anarkis seperti gaya-gaya yang di contohkan paham komunis. Semoga!

*sumber: http://silontong.com/2014/08/24/kesantunan-politisi-pks-anis-matta-dan-fahri-hamzah/


Greget Pitulasan dan Syawalan PKS Banguntapan Jogja

Posted: 24 Aug 2014 01:41 AM PDT


PKS Bantuntapan hari Ahad (24/8/2014) pagi tadi menyelenggarakan agenda peringatan HUT RI ke-69 sekaligus syawalan. Kegiatan ini digelar di halaman kantor kecamatan Banguntapan, Bantul, DIY.

Dimulai dengan sarapan makan soto bersama, sejak pagi-pagi kader dan simpatisan PKS mulai berdatangan. Diiringi lagu-lagu perjuangan, para peserta menikmati sarapan dalam suasana penuh kegembiraan dan keakraban.

Hadir dalam kegiatan ini, H. Setiya anggota legislatif DPRD Bantul yang mewakili dapil Banguntapan-Piyungan. Memberikan kata sambutan sekaligus orasi kemerdekaan. Menegaskan bahwa PKS yang lahir dari ibu pertiwi ini memiliki tugas untuk melanjutkan perjuangan mengisi kemerdekaan Republik Indonesia. Berjuang bersama komponen anak bangsa untuk mencapai 4 tujuan kita bernegara. Melindungi segenap tumpah darah, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia. "Perjuangan berbangsa kita masih panjang!" demikian tegas bapak lima anak ini.

Kegiatan ini dimeriahkan dengan berbagai perlombaan khas pitulasan. Lomba balap karung, lomba membawa kelereng, memasukkan pena dalam botol dan lain-lain. Diikuti oleh bapak-bapak, ibu-ibu sekaligus anak-anak. Tampak kader dan simpatisan PKS Banguntapan sangat menikmati perlombaan-perlombaan yang sangat menghibur tersebut.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan hadiah-hadiah perlombaan dan berbagai doorprize oleh ketua DPC PKS Banguntapan Umar Hidayat, M.Ag.


Ormas Hindu Sesalkan Pelarangan Jilbab di Bali

Posted: 23 Aug 2014 11:29 PM PDT


Pengurus harian Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), IDG Ngurah Utama, sangat menyesalkan adanya larangan penggunaan jilbab/kerudung dan peci di Bali.

PHDI, kata Ngurah Utama, mengecam sikap intoleransi yang telah dilakukan kelompok tertentu dengan mengatasnamakan umat Hindu Bali. Menurutnya, ajaran Hindu itu sangat mengedepankan toleransi kepada semua pihak.

Kecaman ini disampaikan terkait dengan adanya pelarangan penggunaan peci dan kerudung di Bali belum lama ini.

"Hindu memiliki ajaran yang disebut om basudewa kumtubakam yang artinya seluruh umat manusia adalah bersaudara. Dengan adanya sikap pelarangan atribut keagamaan di Bali oleh sekelompok orang itu tentunya sangat bertentangan dengan ajaran Hindu," katanya di Jakarta seperti diberitakan Republika Online, Sabtu (23/8).

Sejak dulu, kata pria yang juga menjabat sebagai ketua Suka Duka Banjar ini, umat Islam dan Hindu telah hidup berdampingan secara damai di Bali. Meski menjadi minoritas, katanya, umat Islam diperbolehkan menggunakan atribut keagamaan, mendirikan masjid dan berkegiatan keagamaan di tanah Bali.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, PT Matahari Putra Prima melarang karyawannya untuk berbusana muslim atas desakan dari The Hindu Center of Indonesia yang dipimpin tokoh Hindu fundamentalis Arya Wedakarna. (baca: Hypermart Bali Larang Karyawati Berjilbab)



GAGALNYA UPAYA PENGUCILAN TERHADAP PKS

Posted: 23 Aug 2014 11:19 PM PDT



Selamat berhari minggu. Kali ini saya ingin sedikit mengulas tentang "Upaya Pengucilan PKS yang Gagal".

PKS mmg partai yang fenomenal. Salah satu buktinya, ia dimusuhi oleh mereka2 yang secara ekstrem saling berlawanan. Ekstrem kanan dan kiri.

Dari pihak "ekstrem kanan", yg cukup getol menghujat PKS antara lain adalah kelompok Salafy (baik yg "jihadi" maupun "madkhali"), HTI, dst.

Pokok hujatan pihak "ekstrem kanan" kepada PKS terletak pada penerimaan PKS terhadap sistem demokrasi, bahkan PKS ambil bagian di dalamnya.

Selain itu, pihak "ekstrem kanan" selalu menuduh bahwa PKS hanya setengah2 memperjuangakan syariat Islam dan hanya mengejar kekuasaan.

Sedangkan pihak "ekstrem kiri" yang memusuhi PKS antara lain adalah JIL dan segala variannya, kelompok kiri sekuler, eks komunis, dkk.

Pokok hujatan yg selalu dialamatkan pihak "ekstrem kiri" kpd PKS antara lain PKS dituduh punya agenda tersembunyi. Agenda apa itu?

Yaitu PKS dituduh memiliki agenda tersembunyi untuk mengubah ideologi negara (Pancasila) menjadi negara berideologi Islam.

Mereka menuduh bahwa penerimaan dan keterlibatan PKS dalam sistem demokrasi hanyalah kedok sekaligus sarana u/ mencapai agendanya sendiri.

Mereka begitu alergi dengan simbol2 Islam yang lekat dengan identitas PKS. Misalnya jilbab panjang yg selalu dikenakan kader2 akhwatnya.

Mereka (pihak "ekstrem kiri itu) selalu menuduh PKS sbg partai yg "sok suci", "penjual agama", "penjual surga", dan sebutan2 sinis lainnya.

Jadi menarik dicermati bahwa PKS selalu diserang dari kanan dan kiri. Yang kanan bilang PKS sesat, bid'ah, bahkan kafir.

Sedangkan yg kiri menganggap PKS membahayakan ideologi negara dan harus dipunahkan, minimal dibonsai agar tidak tumbuh semakin besar.

Dalam majelis2 (pengajian, taklim, dsb) di pihak kanan, PKS sering mjd bahan gunjingan, aib2nya seakan jd "menu wajib" bagi mereka.

Di radio, buletin, majalah, website, & media2 yg mereka kelola, tak bosan menggunjingkan "kesesatan" PKS. Tdk semua, tapi banyak yg begitu.

Mereka (pihak "ekstrem kanan" itu) selalu memandang sinis atas capaian hasil2 dakwah yg dilakukan PKS baik di parlemen/birokrasi.

Bagaimana dengan serangan pihak "ekstrem kiri"? Ini jauh lebih terstruktur, sistematis, dan massif. Mereka jauh lebih militan dan all out!

Mereka memandang PKS sebagai ancaman nyata di masa depan. Karenanya harus dibuat agar PKS tidak pernah menjadi besar. Caranya? DIKUCILKAN!

Kalau kita cermati, upaya pengucilan PKS semakin intensif 2 tahun menjelang pemilu 2014. Dan tumpuan kekuatan mereka adalah MEDIA.

Karena secara "kebetulan", hampir semua media2 mainstream baik cetak/elektronik dikuasai oleh kelompok yg berafiliasi ke "kiri".

Puncak bombardir media kepada PKS terjadi ketika pada awal 2013 menyeruak kasus impor sapi yg menyeret nama Presiden PKS saat itu, LHI.

Pagi, siang, sore malam, media2 maintream milik mereka berlomba2 mengeksploitasi kasus impor sapi LHI habis-habisan. Mereka berpesta pora.

Mereka seakan menemukan amunisi berupa bom nuklir utk menghabisi PKS, sesuatu yg selama ini mereka tunggu2 namun amat sulit mendapatkannya.

Bombardir media kpd PKS itu tak berhenti hingga menjelang digelarnya Pemilu Legislatif 2014. Hanya intensitasnya saja yg fluktuatif.

Mereka juga berkolaborasi dgn lembaga2 survey utama (yg juga "kebetulan" dimiliki kelompok kiri) utk semakin menenggelamkan citra PKS.

Bahkan menjelang Pileg 2014, di ranah media sosial (twitter) mendadak muncul ribuan akun2 yg getol mengkampanyekan #TolakPartaiPoligami

Khusus mengenai fenomena ini, saya pernah kultwit "Membongkar Akun2 Buzzer Pelaku Black Campaign Terhadap PKS" http://chirpstory.com/li/197213

Tujuan besar dari semua upaya itu adalah agar PKS tidak lolos Parliamentary Threshold (PT) 3,5% alias PKS angkat kaki dari parlemen!

Bila PKS sudah tidak memiliki suara di parlemen, maka akan makin mudah bagi mereka untuk menghabisi PKS. Namun upaya mereka gagal total.

Meski dihajar badai bertubi2 tiada henti, dengan soliditas kader2nya yg loyal dan militan, PKS berhasil mempertahankan eksistensinya.

Pada Pileg 2014, PKS berhasil mempertahankan 8 juta lebih jumlah suaranya. Hanya saja jml kursinya yg menurun dari 57 menjadi 40 kursi DPR.

Menurunnya jml kursi PKS itu krn faktor kenaikan jml pemilih (dibanding 2009) dan makin meratanya kekuatan parpol2 kontestan pemilu 2014.

Terkait hal tsb saya pernah kultwit tentang "Catatan Penting atas Capaian PKS dalam Pileg 2014" http://chirpstory.com/li/205532

Pasca Pileg 2014, apakah upaya pengucilan pihak kiri dan para hater kpd PKS berhenti? Tentu saja TIDAK. Ajang Pilpres mjd arena berikutnya.

Begitu diketahui PKS lolos PT 3,5% & berhasil mengamankan 40 kursinya di DPR, mulailah dilontarkan wacana baru utk mengucilkan PKS. Apa itu?

Mereka melalui media2 besar yg dikuasainya melontarkan wacana agar jangan ada yg mau berkoalisi dengan PKS. Krn PKS adalah problem maker!

Mereka menunjukkan bukti "track record" PKS selama berkoalisi dgn SBY selama 10 tahun terakhir bhw PKS adlh "anak nakal".

Bahwa PKS sering berseberangan dgn kebijakan partai penguasa (misal dlm kasus Century, angket mafia pajak, dan kenaikan harga BBM).

Namun upaya baru utk mengucilkan PKS itu kembali kandas. Salah satu capres terkuat yaitu Prabowo justru yg terlebih dahulu "melamar" PKS.

Kegeraman mereka bertambah ketika partai2 yg "berbau Islam" semuanya (minus PKB nya Imin) bersama PKS merapat ke kubu Prabowo.

Target mereka utk mengucilkan PKS scr politik gagal total. Bahkan PKS diterima dan mendapatkan peran strategis dlm Koalisi Merah Putih (KMP)

Mereka--kaum ekstrem kiri plus kelompok2 PKS hater lainnya (Syiah, Ahmadiyah dll)-- semuanya bersatu mendukung Joko Dodo dlm Pilpres.

Tujuan mereka jelas, mencegah Prabowo yg didukung mayoritas kekuatan politik Islam termasuk PKS memegang tampuk kekuasaan.

Dengan mengerahkan segala sumber daya yg mereka miliki dan (disinyalir) dibantu kekuatan asing, akhirnya jago mereka Joko Dodo jd Presiden.

Lalu setelah jelas bahwa Joko Dodo yg jadi Presiden, apakah upaya pengucilan kepada PKS berhenti? Tentu saja tidak! Selalu ada amunisi baru.

Selalu ada isu baru yg bisa mereka goreng untuk menyerang dan memojokkan PKS agar terkucil secara politik shg lebih mudah dimarginalkan.

Dan isu terbaru yg mereka lontarkan adlh bahwa PKS hanya memanfaatkan Prabowo untuk mendapatkan keuntungan finansial. Ini upaya belah bambu.

Mereka menuduh PKS hanya "morotin" duit Prabowo untuk mengisi kas partai yg sebentar lagi akan jauh berkurang akibat tdk ada dlm kabinet.

Utk mengolok2 PKS, di media sosial (twitter) mereka juga melakukan gerakan lucu: membuat "Petisi" menolak PKS masuk Kabinet. #ngikik

Ttg petisi konyol ini saya pernah membuat kultwit khusus: "Konyolnya Petisi Menolak PKS Masuk Dalam Kabinet JKW" http://chirpstory.com/li/221133

Mereka (yg sukses menunggangi kubu JKW) akan terus dan tanpa kenal lelah berupaya agar PKS terkucil. Meski upaya itu selalu gagal dan gagal.

Mereka kini khawatir PKS akan memainkan peran strategis dlm Koalisi Merah Putih yg menguasai mayoritas kursi DPR.

Upaya2 mereka yg bernuansa "kiri" spt pencabutan Tap MPRS XXV/1966 tentang Larangan Ajaran Komunis terancam kandas di DPR.

Dan berbagai produk legislasi yang telah mereka susun sbg "tools" utk menggolkan agenda2 kelompok kiri itu pun terancam terganjal di DPR.

Karenanya, kini mereka sekuat tenaga berupaya memecah soliditas Koalisi Merah Putih dgn mengiming-imingi kursi di kabinet.

Sasaran mereka adalah partai2 yang masih terbuka kemungkinan utk membelot partai yg scr internal juga kurang solid spt Golkar dan PPP.

Mereka juga berupaya mengajak Partai Demokrat untuk keluar dari KMP. Dan ganjalan mereka hanya satu: SBY. Krn PD itu sepenuhnya "milik SBY".

Hubungan personal yg kurang harmonis antara Mamak Banteng dgn SBY masih menjadi hambatan berat utk menarik PD masuk ke kubu mereka.

Sehingga bbrp waktu ke depan sebelum pelantikan Presiden dan Kabinet baru, kita akan menyaksikan pertarungan politik menarik di DPR.

Dan kembali ke topik awal, upaya mereka untuk mengucilkan dan memarginalkan PKS secara politik sejauh ini mengalami kegagalan.

Yg terjadi justru PKS semakin "lengket" dengan Gerindra, partai juara ke-3 Pileg 2014. Ini berkat kerja politik bersama memenangkan Prabowo.

Dan bisa dipastikan, 2 partai ini (Gerindra dan PKS) dipastikan akan mjd partai oposisi utama di parlemen.

Kita berharap, semoga soliditas partai2 yg tergabung dlm Koalisi Merah Putih tetap terjaga, tdk tergiur bujuk rayu kubu JKW krn itu racun!

(by @SangPemburu99)



BELAJAR PLIN PLAN DARI JOKOWI

Posted: 23 Aug 2014 10:58 PM PDT



Sewaktu Masih Jadi CALON Gubernur DKI, Jokowi dengan Tegas Menolak Kenaikan Harga BBM

Ya, itulah FAKTANYA.

Berikut saya copas beritanya tertanggal 27 Maret 2012

Jokowi Menolak Harga BBM Naik
"Saya kira semua yang ditanya inginnya harga BBM tidak naik," kata Jokowi.

VIVAnews - Walikota Solo, Joko Widodo, mengaku tidak setuju harga bahan bakar minyak (BBM) dinaikkan pada awal April mendatang. Pasalnya, warga masyarakat masih menginginkan harga BBM yang murah.

"Siapapun atau seluruh rakyat jika ditanya tentang rencana kenaikan harga BBM pasti tidak mau, karena mereka inginnya yang murah," kata Jokowi, sapaan akrab Walikota Solo, Selasa, 27 Maret 2012.

Selanjutnya, bakal calon Gubernur DKI Jakarta ini pun menyuruh wartawan menanyai satu per satu masyarakat. Menurutnya, rakyat dipastikan jawabannya akan menolak rencana itu. "Saya kira semua yang ditanya inginnya harga BBM tidak naik," kata dia.

Terkait rencana kenaikan harga BBM, Jokowi pun menggelar rapat yang diikuti sejumlah pejabat muspida serta dari instansi militer dan polisi. "Rapat ini untuk mengantisipasi kenaikan harga BBM. Demo tidak apa-apa namun harus ada antisipasi baik sebelum maupun pasca," katanya.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, Jokowi mengungkapkan bahwa tidak ada laporan maupun indikasi ancaman terkait rencana kenaikan harga BBM. "Laporan-laporan dari jajaran Muspida menyebutkan jika Solo tidak ada masalah," ujarnya. (adi)

*sumber: http://nasional.news.viva.co.id/news/read/299699-jokowi-menolak-harga-bbm-naik

****

DAN INILAH SIKAP JOKOWI SETELAH IA TERPILIH JADI PRESIDEN:

Jokowi Minta Kenaikan BBM Diputuskan Sebelum Ia Dilantik

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) berharap pemerintah mengeluarkan kebijakan menaikkan harga BBM sebelum ia dilantik. Hal itu karena Jokowi menginginkan agar beban subsidi BBM tidak hanya ditanggung oleh pemerintahannya mendatang.

"Yang baik ya kenaikannya dibagi-bagi. Pemerintah sekarang dan nanti yang akan datang. Kalau menaikkan berarti mengurangi beban ke depan," ujarnya usai menghadiri Soegeng Sarjadi Award di Hotel Four Season, Selasa (19/8).

Dalam RAPBN 2015, anggaran untuk belanja subsidi energi adalah Rp 291,1 triliun. Jumlah itu meningkat dari alokasi APBN perubahan 2014 sebesar Rp 246,5 triliun.

Jokowi menilai, subsidi tersebut terlalu besar sehingga membebani APBN. Padahal, kata dia, jika anggaran subsidi ditekan, akan ada ruang fiskal yang lebih besar untuk program kerja lain.

Misalnya, dia mencontohkan, subsidi listrik selama ini sangat besar karena proses produksinya menggunakan BBM. Padahal, listrik sebenarnya juga bisa diproduksi menggunakan gas, batu bara, dan bio thermal, yang harga produksinya jauh lebih hemat.

"Dari itu kita sudah bisa menghemat Rp 60 sampai 70 triliun," ujarnya.

*sumber: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/14/08/20/nakdiu-jokowi-minta-kenaikan-bbm-diputuskan-sebelum-ia-dilantik

(by JONRU)



Hamas Setujui Piagam Roma, Apa Isinya?

Posted: 23 Aug 2014 10:42 PM PDT


Gaza – Anggota Biro Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Musa Abu Marzuq menyatakan, pihaknya sudah menandatangani draft yang disyaratkan oleh presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas agar disetujui oleh semua faksi Palestina sebelum sang presiden bertolak menandatangani piagam Roma yang mengantarkan Palestina menjadi anggota di Mahkamah Pidana Internasional.

Hal itu disampaikan Abu Marzuq di halaman Facebooknya malam kemarin (23/8).

Sebelumnya, Abbas meminta kepada faksi-faksi Palestina menandatangani draft untuk dibawah ke Roma untuk disepakati agar bisa bergabung dalam organisasi Mahkamah Pidana Intrnasional untuk bisa menyeret elit-elit 'Israel' untuk diadili.

Sekilas Piagam Roma:

Mahkamah Pidana Internasional International Court of Justice (ICJ) dibentuk tahun 2002 sebagai mahkamah pertama yang memiliki wewenang mengadili tersangka personal-personal yang terlibat dalam kejahatan pembantaian massal dan kejahatan kemanusiaan serta kejahatan perang dan kejahatan tindakan kekerasan. Mahkamah ini berkerja menyempurnakan lembaga hukum yang ada. Mahkamah ini tidak bisa menjalankan peran hukumnya jika mahkamah-mahkamah nasional tidak menunjukkan kemauannya atau tidak mampu melakukan investigasi terhadap masalah tersebut. Sehingga Mahkamah Pidana ini menjadi pengadilan terakhir. Tanggungjawab sementara adalah negara-negara itu sendiri. Ia memiliki kewenangan mengadili sejak didirikan 1 Juli 2002 setelah undang-undang Roma disepakati dan dijalankan.

Ini adalah organisasi internasional yang bersifat permanen yang berusaha menindak tegas dalam meneraplan wawasan internasional agar tidak ada penjahat yang lepas dari sanksi. Ia adalah lemnaga hukum internasional dengan kekuasaan internasional tanpa dibatasi waktu untuk mengadili penjahat perang dan pelaku kejahatan HAM dan kejahatan pembersihan etnis.

Kewenangan Khusus Mahkamah Pidana yang ditegaskan dalam undang-undang Roma.

1. Pembunuhan massal.

2. Kejahatan kemanusiaan; tepatnya tindakan serangan luas atau sistematis dan terencana terhadap sekelompok penduduk sipil berupa pembunuhan, pembersihan, pemerkosaan, perbudakan seks, pengusiran, pemindahan paksa warga, kejahatan pemisahan etnis, dan lainnya. Pembersihan massal dan kejahatan kemanusiaan menjadi delik yang patut mendapatkan sanksi baik dilakukan pada saat perang atau damai.

3. Kejahatan perang

4. Kejahatan kekerasan dan tindakan permusuhan; pendefinisian ini dikembalikan kepada kewenangan Mahkamah ini sendiri.

*sumber: Infopalestina.com



45 Tahun Pembakaran Masjidil Al-Aqsha

Posted: 23 Aug 2014 10:36 PM PDT



"Hari terberat dalam pemerintahanku," ungkap Golda Meir, Perdana Menteri ke empat dan satu-satunya Perdana Menteri perempuan 'Israel', "Adalah hari pembakaran masjid Al-Aqsha", "dan hari termudah dalam pemerintahanku," aku Golda yang merupakan salah satu dari ke-24 deklarator berdirinya 'negara Israel' itu, "adalah hari-hari yang kulalui pasca pembakaran (masjid Al-Aqsha) tersebut".

Kamis, 21 Agustus 1969. Hari yang begitu menyejarah. Hari yang membekaskan luka. Hari yang sejatinya tidak hilang dari ingatan setiap muslim. Hari dimana emosi dan rasa cemburu menyulut iman hingga ke dasarnya. Berkobar, bak lidah api yang menyambar. Meledak!

Ya… itulah hari ketika Kiblat pertama umat Islam itu dibakar. Ketika mimbar kebanggaan Sang Penakluk al-Quds, Sultan Shalahuddin, tak sempat lagi diselamatkan. Hangus bersama kobaran api yang melahap masjid Umar, mihrab Zakariya, Maqam Arbain, tiga koridor masjid, dan kubah kayu bagian dalam masjid. 48 unit jendela masjid pun hancur berkeping-keping bersama ambruknya atap masjid. Kerusakan mendera Dinding dan mihrab Masjid. al-Aqsha menjerit. Peristiwa yang begitu menyayat hati, mengguratkan kepiluan.

45 tahun berlalu. Peristiwa itu seakan ditelan zaman. Benar! Kobaran api yang dipercikkan ekstrimis-zionis berkebangsaan Australia, Michael Dennis Rohan, atas sokongan ekstrimis-zionis lainnya itu sudah lama padam. Bagian demi bagian masjid yang roboh dan hangus sudah selesai direnovasi. Namun, api itu belum sesungguhnya padam. Baranya masih menyala. Jilatan lidahnya, tidak sekedar sanggup menghanguskan bagian demi bagian Masjid Suci itu. Kobarannya bahkan lebih dahsyat. Menjelma menjadi proyek terpadu yahudisasi al-Aqsha dan Al Quds. Dari bawah digerogoti; Puluhan galian dan terowongan Yahudi mengancam robohnya pondasi al-Aqsha. Di atas, gelegar jet-jet tempur Zionis dengan intensitas dahsyat suara memekakkannya selalu siap menggedor kekokohan bangunan masjid. Sementara di darat, serbuan gerombolan-gerombolan Zionis-Israel tak pernah mengenal kata henti. Berbagai rupa penodaan, penistaan, dan makar untuk menghancurleburkan al-Aqsha bertubi-tubi terus dilancarkan.

Lalu apa yang dilakukan kaum muslimin? Adakah upaya untuk menyelamatkan al-Aqsha mubarak itu masih segegap-gempita ketika hari masjid tersebut dibakar? Adakah kepedulian untuk al-Aqsha masih tersisa dan menjelma? Apakah hanya sekedar kutukan dan kata-kata? Kemana OKI yang lahir dilatarbelakangi peristiwa tersebut? Kemana umat nabi Muhammad yang diseru untuk mencintai dan menjaga al-Aqsha?

Milyaran dollar digelontorkan Zionis-Yahudi setiap tahun untuk memuluskan proyek yahudisasi al-Aqsha, adakah rezki yang masih kita sisihkan untuk ikut menjaga dan mempertahankan warisan para nabi tersebut? Ataukah benarkah kata-kata Golda Meir; bahwa umat Islam hanya sanggup melakukan pembelaan serius terhadap al-Aqsha hanya dalam satu hari saja?

Ustadz Heri Efendi, Lc.
Dewan Pendiri Asia Pacific Community for Palestine



KEWAJIBAN UMAT ISLAM TERHADAP PALESTINA DAN AL-MASJIDIL ALQSA

Posted: 23 Aug 2014 10:34 PM PDT



"Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam  dari al-Masjid al-Haram menuju al-Masjid al-Aqsa yang Kami berkahi sekelilingnya" (QS al-Israa 1).

A.  Palestina Masalah Utama Umat

Tidak ada tanah yang lebih bergolak selain Palestina.  Sejarah Palestina adalah sejarah panjang peperangan, the history of war.  Pusat tiga agama dan peradaban besar; Islam, Kristen, dan Yahudi saling mempertahankan eksistensinya atas tanah suci.  Tempat bertemunya bangsa-bangsa di satu titik konflik dalam kurun waktu yang sangat panjang.  Tapi satu hal yang pasti, Palestina bukanlah tanah kosong tanpa bangsa (the land without nation), bukan pula milik Zionis Israel, sebuah bangsa yang tidak memiliki tanah (the nation without land).

Bagi umat Islam Palestina adalah masalah utama, karena Palestina merupakan tanah waqaf umat Islam, di sana terdapat Al-Masjid Al-Aqsa, tempat para nabi dan rasul, tempat Isra' Rasulullah saw. dan tempat yang sangat diberkahi.

A.1.  Palestina dalam Perspektif Syari'ah

Palestina yang di dalamnya terdapat Al Quds adalah tanah waqaf umat Islam, yang telah mereka warisi semenjak lebih dari 6000 tahun. Hal ini karena Ibrahim as, bukanlah seorang Yahudi dan bukan pula Nashrani, tetapi seorang yang hanif dan muslim dan beliau tidak musyrik pada Allah (QS Ali Imran: 67).

Dari ayat tersebut sangat jelas disebutkan bahwa Palestina adalah warisan ideologis, bukan  warisan genetis.  Masuknya Musa ke tanah Palestina bukan karena nenek moyangnya orang Palestina, melainkan perintah keimanan dari Allah s.w.t

"Musa berkata, hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan bagimu (selama kamu beriman).  Dan janganlah kalian lari ke belakang (karena takut kepada musuh), maka kalian akan menjadi orang-orang yang merugi." (Q.S Al Maidah: 21).

Dari sudut pandang ideologis, bangsa mana pun berhak atas pengelolaan Palestina selama memiliki akar ideologi yang sama dengan  ideologi yang diimani Musa juga nenek moyangnya Ibrahim.

"Katakanlah, kami beriman kepada Allah dan apa yang diturunkan kepada kami, dan apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'qub dan anak cucunya, dan apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta apa-apa yang diberikan kepada nabi-nabi dan tuhannya…" (Q.S Al Baqarah: 136)

Karena itu, Zionis Israel Yahudi tidak memiliki hak waris atas tanah Palestina baik dari Ibrahim, Musa, atau Ya'kub (Israel) yang merupakan nenek moyang mereka.  Sebab, Palestina adalah warisan keimanan dan Zionis Israel Yahudi saat ini berada dalam ruang keimanan yang berbeda, bahkan bertentangan dengan pendahulu mereka.

"Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya'kub.   "Hai anak-anakku, sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk Islam." (Q.S Al Baqarah: 132)

Bahkan, lebih tegas lagi pernyataan putusnya hubungan (bara'ah) dengan orang-orang yang tidak satu jalan keimanan dinyatakan oleh Musa ketika terjadi pembangkan dari bangsa Israel.

"Berkata Musa, ya Tuhanku, aku tidak menguasai kecuali diriku sendiri dan saudaraku.  Sebab itu pisahkanlah antara aku dan orang-orang yang fasik itu."(Q.S Al Maidah; 25)

Dari sudut pandang keimanan, Palestina adalah warisan Islam.  Bukan warisan tiga agama dan peradaban; Islam, Kristen, serta Yahudi yang sering disebutkan mempunyai akar yang sama, yaitu agama Ibrahim.  Sebab, Ibrahim hanya memiliki satu agama, agama Islam.

"Ataukah kalian, (orang-orang Yahudi dan Nasrani)  megatakan bahwa Ibrahim, Isma'il, Ishaq, Ya'kub dan anak cucunya adalah penganut agama Yahudi atau Nasrani? Katakanlah, apakah kalian yang lebih mengetahui atau Allah?..." (Q.S Al Baqarah: 140)

"Ibrahim, bukanlah seorang Yahudi dan bukan pula Nashrani, tetapi seorang yang hanif dan muslim dan dia tidak musyrik pada Allah." (QS Ali Imran: 67).

A.2. Palestina dalam Perspektif Sejarah

Dilihat dari sudut pandang sejarah, Zionis Israel Yahudi tidak memiliki akar sejarah sebagai penduduk asli Palestina.  Kedatangan mereka ke tanah Palestina pada permulaan akhir periode sebelum lahirnya Isa bin Maryam sampai permulaan masehi bukanlah sebagai pemilik, tetapi sebagai imigran dari Mesir, begitu juga kedatangan mereka ke tanah Palestina saat ini yang berujung pada kolonialisasi.  Sebelum masuknya bangsa Israel, Palestina telah dihuni oleh bangsa Kanaan yang merupakan nenek moyang bangsa Arab Palestina saat ini.  Ini disebutkan dalam Kitab Bilangan XIII ayat 17-18,

"Maka Musa menyuruh mereka mengintai tanah Kanaan… dan mengamat-amati keadaaan negeri itu; apakah bangsa yang mendiaminya kuat atau lemah, apakah mereka sedikit atau banyak."

Pernyataan serupa juga diceritakan dalam Al-Qur'an. Bahkan Al Qur'an menyebutkan bahwa bangsa Israel itu tidak layak atas tanah Palestina karena perilaku mereka sendiri.

"Musa berkata, hai kaumku, masuklah ke tanah suci (Palestina) yang telah ditentukan bagimu (selama kamu beriman).  Dan janganlah kalian lari ke belakang (karena takut kepada musuh) , maka kalian akan menjadi orang-orang yang merugi.. Mereka berkata, hai Musa, sesungguhnya di dalam negeri itu ada orang-orang yang gagah perkasa (bangsa kanaan).  Sesungguhnya kami sekali-kali tidak akan memasukinya sebelum mereka keluar.  Jika mereka keluar, pasti kami akan memasukinya.  Berkatalah dua orang di antara orang-orang yang takut kepada Allah yang Allah telah memberi nikmat atas keduanya; serbulah mereka melalui pintu gerbang kota ini.  Maka bila kalian memasukinya, niscaya kalian akan menang.  Dan hanya kepada Allah hendaknya kalian bertawakkal jika kalian benar-benar beriman.  Mereka berkata, hai Musa, sekali-kali kami tidak akan memasukinya selamanya selagi mereka ada di dalamnya.  Karena itu, pergilah kamu bersama Tuhanmu dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya akan duduk menanti di sini saja.  Berkata Musa, ya Tuhanku, aku tidak menguasai kecuali diriku sendiri dan saudaraku.  Sebab itu pisahkanlah antara aku dan orang-orang yang fasik itu.  Allah berfirman (jika demikian), maka sesungguhnya negeri itu diharamkan atas mereka selama empat puluh tahun.  Lalu, selama itu mereka berputar-putar kebingungan di bumi (padang Tiih) itu, maka janganlah kamu bersedih hati (memikirkan nasib) orang-orang fasik itu. (Q.S Al Maidah: 21-26)

Dalam sejarah Palestina, negeri itu pernah jatuh ke tangan Bangsa Israel pada permulaan Masehi.  Pertempuran mereka dengan penduduk asli Palestina tercatat dalam kitab Samuel I, bab 13 dan 14 yang mengisahkan strategi Saul dan Yonatan yang menyerbu Michmas

"…Orang Filistin berkemah di Micmash…dan di antara pelintasan bukit-bukit yang dicoba Yonatan menyeberanginya ke arah pasukan pengawal Filistin… dan kekalahan yang ditimbulkan Yonatan dan pembawa senjatanya, besarnya kira-kira dua puluh orang dalam jarak kira-kira setengah alur dari pembajakan ladang."

Namun, pada tahun 70 M, kekuasan bangsa Israel itu runtuh seiring kematian Herodes dan masuknya kekuatan Romawi menguasai seluruh Palestina.  Sejak itu bangsa Israel menjadi bangsa yang tidak memiliki tanah air dan tersebar di berbagai negara sampai mereka melakukan kolonialisasi kembali atas Palestina pada tahun 1967 M.   Sementara itu, tanah Palestina menjadi tanah wakaf umat Islam pada masa pemerintahan Umar bin Khattab  ra pada abad 7 M setelah  Romawi ditaklukkan tentara Islam.

Dalam hukum internasional dinyatakan bahwa yang berdaulat atas suatu wilayah adalah mereka yang pertama kali mendiami wilayah tersebut dan menunjukkan bukti eksistensi mereka atas wilayah tersebut berupa aktivitas dan bukti-bukti fisik yang menunjukkan kedaulatan mereka atas wilayah tersebut.  Karena itu, bangsa Kanaan yang merupakan nenek moyang Arab Palestina saat ini adalah pemilik sah tanah Palestina.

B.  Keistimewaan Palestina (Al Quds) di Mata Umat Islam

Umat Islam memandang Palestina sesuai dengan pandangan ajaran Islam dan sejarahnya yang sangat panjang. Palestina adalah bumi para nabi dimana mereka mengajarkan risalah tauhid kepada umatnya. Tidak ada sejengkal tanah di Palestina, kecuali di sana ada nabi yang shalat menyembah pada Allah dan menyampaikan ajarannya kepada umat. Dari mulai nabi Ibrahim as. dan keturunannya nabi Ishak as, Ya'qub as, Yusuf as dan saudara-saudaranya. Kemudian nabi Daud as dan Sulaiman as. Seterusnya, nabi Musa as., Harun as,   Zakariya as, Yahya as. dan Isa as.

Palestina dimana masjidil Aqsa ada di sana merupakan kiblat pertama umat Islam. Ini adalah penghormatan Islam pada Palestina yang memiliki sejarah panjang tempat para nabi dan tempat turunnya wahyu. Rasulullah saw. dan sahabatnya pernah shalat menghadap al-Masjid al- Aqsa selama sekitar 16 bulan. Kemudian Allah SWT. merubah kiblat umat Islam ke Masjidil Haram. Dan perubahan itu diabadikan Al-Qur'an. Perpindahan kiblat ini sendiri memiliki banyak hikmah yang banyak dirasakan umat Islam sampai sekarang.

Allah memuliakan Palestina dengan al-Masjid al-Aqsa. Masjid ini disamping kiblat pertama umat Islam, juga masjid kedua yang dimuliakan Allah SWT. Dan tanah suci ketiga setelah Makkah dan Madinah. Rasulullah saw. bersabda,

" Kalian tidak boleh mempersiapkan untuk melakukan perjalanan ziarah, kecuali pada tiga masjid; al-Masjid al-Haram, Masjid Rasul saw dan al-Masjid al-Aqsa" (Muttafaqun 'alaihi).

Di al-masjid al-Aqsa ini pula Rasulullah saw. melakukan isra dan disini beliau memimpin shalat bagi para nabi dan rasul, suatu simbol bahwa Rasulullah saw. adalah pemimpin mereka. Kemudian dari masjid al-Aqsa, Rasulullah saw. melanjutkan perjalanannya menuju Sidratil Muntaha untuk menerina kewajiban yang paling agung yaitu shalat lima waktu.

Disamping tempat ini disucikan oleh Allah SWT, tempat ini juga tempat yang diberkahi oleh Allah SWT. Keberkahan dari nilai-nilai spiritual karena para nabi menyampaikan risalah di tempat ini dan keberkahan materi karena kekayaan alam, kesuburan, letaknya yang sangat strategis dan keindahan alamnya. " Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam  dari al-Masjid al-Haram menuju al-Masjid al-Aqsa yang Kami berkahi sekelilingnya" (QS al-Israa 1).

Demikianlah keistimewaan al-Masjid al-Aqsa, Baitul Maqdis, al-Quds di Palestina ini. Maka sudah merupakan kewajiban seluruh umat Islam bahkan seluruh manusia untuk menjaga dan menyelamatkannya dari berbagai macam penjajahan bangsa-bangsa yang terkutuk, utamanya bangsa Yahudi.


C. Kewajiban Umat terhadap Palestina

1. Memahami Kondisi dan Problematika Palestina

Kewajiban pertama yang paling fundamental bagi seorang muslim adalah memahami akar masalah Palestina (Al Quds) bahwa masalah Palestina adalah masalah umat Islam.  Perebutan kekuasaan yang terjadi di tanah suci itu bukan perebutan antara dua bangsa, Arab dan Israel.  Tetapi, perang agama antara Islam dan Yahudi.

"Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik"(QS Al-Maa-idah 82).

"Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah saw bersabda: Tidak akan terjadi kiamat sehingga kaum muslimin berperang dengan yahudi. Maka kaum muslimin membunuh mereka sampai  ada  seorang yahudi bersembunyi dibelakang batu-batuan dan pohon-pohonan. Dan berkatalah batu dan pohon, wahai muslim wahai hamba Allah ini yahudi dibelakangku, kemari dan bunuhlah ia kecuali pohon Gorqhod karena ia adalah pohon Yahudi." (HR Muslim).

Masalah Palestina bukan hanya masalah bangsa Palestina dan bangsa Arab saja. Tetapi masalah seluruh umat Islam, bahkan masalah kemanusiaan secara keseluruhan. Atas dasar pandangan aqidah inilah seluruh umat Islam wajib memahami kondisi dan permasalahan Palestina.

2. Mensosialisasikan Kondisi dan Problematika Palestina kepada yang lain.

Setelah umat Islam dan para da'i memahami permasalahan dan kondisi Palestina, maka mereka harus mensosialisasikan pemahaman ini kepada seluruh umat Islam.  Masih banyak umat Islam yang belum memahami kondisi dan permasalahan Palestina. Hal ini terjadi karena banyak sebab, diantaranya faktor lemahnya keimanan dan problematika yang dihadapi oleh umat Islam itu sendiri di seluruh dunia.

Oleh karena itu para da'i harus memahamkan pada umat Islam di seluruh dunia, bahwa masalah Palestina adalah masalah utama umat, dan masa depan umat akan sangat terkait dengan perjuangannya terhadap Palestina. Bahwa di Palestina ada al-Masjid al-Aqsa kiblat pertama umat Islam yang sedang terancam. Bahwa Rasulullah saw. memimpin shalat berjama'ah yang diikuti oleh para nabi dan rasul saw. pada peristiwa Isra' yang merupakan pewarisan tanah Palestina pada umat Islam. Bahwa Umar bin Khattab ra. menerima penyerahan kunci langsung kota Palestina (Al-Quds).

3. Jihad dengan Harta

Kewajiban selanjutnya bagi umat Islam adalah berjihad dengan harta mereka. Umat Islam harus menyisihkan sebagian  rejekinya minimal 1 % untuk perjuangan Palestina. Karena jihad di Palestina sangat membutuhkan harta. Dan disana juga banyak janda, anak yatim, anak sekolah, mahasiswa, orang yang kehilangan rumah dan pencaharian akibat konflik dan perang yang belum diketahui akhirnya. Semua itu  sangat membutuhkan uluran tangan umat Islam lainnya yang mampu.

4. Jihad dengan Jiwa

Terdapat perbedaan mendasar dalam sifat perang di Palestina.  Bila perang di Palestina dinyatakan sebagai perang antara dua bangsa atau dua negara, maka tidak boleh ada keterlibatan pihak lain di luar dua pihak yang bertikai tanpa ada permintaan untuk terlibat dari salah satu pihak yang berperang.  Keterlibatan tanpa ada permintaan untuk terlibat berarti pelanggaran kedaulatan sebuah negara yang bertentangan dengan hukum internasional.  Kenyataan yang terjadi adalah bahwa perang di Palestina adalah perang agama antara Mujahidin Islam dan Zionisme Israel  yang mengundang keterlibatan semua umat Islam dan kaum Yahudi di seluruh dunia, di setiap bangsa dan negara mana pun.

Maka, hukum perang di Palestina adalah jihad fi sabilillah yang diwajibkan atas setiap umat Islam di seluruh dunia sesuai dengan kondisi mereka di setiap tempat.

"Diwajibkan atas kalian berperang sedangkan kalian membencinya.  Barangkali kalian membenci sesuatu, tetapi itu baik bagi kalian.  Dan barangkali kalian menyukai sesuatu sedangkan itu buruk bagi kalian.  Dan Allah maha mengetahui apa yang kalian  tidak ketahui." (Q.S Al-Baqarah 216)

"Orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, tidak akan meminta izin kepadamu untuk (tidak ikut) berjihad dengan harta dan diri mereka.  Dan Allah mengetahui orang-orang yang bertakwa." (Q.S At Taubah: 44)

Palestina adalah tanah waqaf umat Islam yang harus dipertahankan sampai kapan pun.  Pembelaan kita terhadap Palestina bukan karena mereka orang-orang Arab, melainkan karena mereka adalah muslim dan karena Palestina adalah salah satu dari tiga tempat suci umat Islam  yang dimuliakan Allah. Karena itu, permasalahan Palestina harus dijadikan konsentrasi utama umat Islam.

5. Do'a
 
Dan kewajiban yang paling minimal yang harus terus dilakukan oleh umat Islam adalah do'a. Do'a orang beriman kepada lainnya tanpa sepengetahuan mereka adalah maqbul. Umat Islam harus terus mendo'akan suadaranya yang sedang berjuang di Palestina, membebaskan al-Masjidil Aqso dari penjajah zionisme Israel. Mendo'akan perjuangan  para Mujahidin Hamas di Gaza. Wallahu a'lam bi sh showab.

(Iman Santoso)



Mahfud MD Terima Pinangan KAMMI Jadi Dewan Penasihat

Posted: 23 Aug 2014 06:00 PM PDT


JAKARTA - Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengapresiasi gerak Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan di Indonesia.

Hal itu disampaikannya ketika menerima kunjungan Pengurus Pusat KAMMI di Kantor MMD Initiative, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu kemarin (20/8/2014).

"Saya senang dengan lahirnya KAMMI sebagai unsur baru yang paling banyak berperan dalam proses reformasi secara nyata dan terpublikasi. Padahal, saat itu banyak organisasi mahasiswa lain yang lebih tua sedang lumpuh," kata Mahfud MD, seperti dilaporkan sindonews.

Mahfud juga berharap ke depan KAMMI terus memberi warna dalam perjalanan bangsa. "Kalau ada unsur mahasiswa, pasti negara tidak bisa berbuat aneh-aneh," lanjutnya.

Wakil Ketua Umum PP KAMMI Adhe Nuansa Wibisono menerangkan maksud dan tujuan kunjungan tokoh kali ini.

"Maksud dan tujuan kunjungan kami di sini selain sebagai wujud silaturahim kepada Bapak Mahfud MD sebagai salah satu Bapak Bangsa juga ingin "meminang" Bapak menjadi salah satu Dewan Penasihat KAMMI," kata Adhe Nuansa Wibisono.

Sebelumnya, beberapa tokoh seperti Jimly Asshiddiqie, Din Syamsuddin, dan Siti Fadhilah Supari juga telah bergabung sebagai Dewan Penasihat KAMMI. Meskipun mengaku sering kesulitan mengatur jadwal, Mahfud akhirnya bersedia menerima pinangan tersebut.

"Mengingat kesibukan, saya mohon maaf jika nantinya tidak selalu bisa mendampingi KAMMI. Namun, dengan segala keterbatasan itu, ya sudah silakan diolah," tambah Mahfud.

"Saya senang dengan spiritnya. Anda ini bagus karena sebagai anak muda mau concern sekaligus connect dengan permasalahan bangsa," pungkasnya.  

Dalam kesempatan tersebut, PP KAMMI juga meminta tanggapan Mahfud MD tentang gagasan Jaminan Pendidikan Nasional (Jamdiknas) yang digulirkan PP KAMMI. Mahfud juga diajak berdiskusi tentang kondisi perpolitikan bangsa pasca Pilpres 2014.


Dakwah Parlemen PKS Pasuruan Semakin Meningkat

Posted: 23 Aug 2014 05:30 PM PDT


Sebanyak 50 Anggota DPRD Kabupaten Pasuruan periode 214-2019 dilantik hari ini. Kamis (21/08). Bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kabupaten Pasuruan, momen hari ini diharapkan menjai momen yang sangat penting bagi perkembangan dakwah di daerah yang dikenal basis Nahdiyin ini.

Penting karena untuk periode 2014-2019 ini PKS Kabupaten Pasuruan mengirimkan tiga wakilnya. Mereka adalah Muhammad Nadir Umar (ketua DPD PKS Kabupaten Pasuruan) dari Dapil 4, Mohammmad Zaini, ketua Badan Pemenangan Pemilu PKS kabupaten Pauruan dari Dapil 2, dan Mada Lutfi Irawan, kader PKS dari Dapil 5.

Keberadaan tiga legislator PKS ini diharapkan semakin meningkatkan produktifitas dakwah parlemen di DPDR Kabupaten Pasuruan. Harapan menjadikan Pasuruan kota industri dan pendidikan yang maju dan bebas KKN namun tetap berbasis keislaman yang kental ini akan menjadi salah satu tugas besar para legislator PKS kabupaten Pasuruan selama 5 tahun ke depan.

Jabatan dan tugas sebagai wakil rakyat adalah bagian dari perjuangan dan amanah dakwah yang harus dikelola dengan hanif, cerdas, dan penuh semangat karena tantangannya sangatlah komplek.

Selamat bekerja duta-duta dakwah parlemen!

*Moh. Nur (Koordapil 4 PKS kab. Pasuruan)



Anak Kader PKS Juarai Lomba Komik Nasional

Posted: 23 Aug 2014 05:23 PM PDT


Yasmin Filistin, anak kader PKS Yogyakarta ini menorehkan prestasi nasional dengan menjuarai Lomba Komik yang digelar di kota Bandung, Sabtu kemarin (23/8/2014).

Dalam ajang nasional yang digelar oleh C-Genation ini, Yasmin menyabet Juara Satu lewat karya komiknya yang berjudul '4 Serangkai'. Komik yang menceritakan nilai-nilai pendidikan pada generasi muda ini mendapat skor tertinggi dan mendapat hadiah utama Rp 15 juta.

Saat diwawancarai TVRI usai pemberian hadiah, Yasmin menceritakan keahlian komiknya hasil otodidak yang awalnya sekedar coret-coretan tangan sejak duduk di bangku SDIT Baitussalam Prambanan.

Setelah menginjak SMP, 'akhwat' kelahiran 1 Februari 1997 ini mulai belajar membuat komik di komputer, dengan belajar secara otodidak software mulai coreldraw, photoshop, manga studio. Saat masih SMP inipun karya komiknya beberapa kali nampang di koran KOMPAS.

Tahun 2012 lalu, komiknya yang berjudul 'Mr Telat' menyabet The Best Story dalam ajang lomba komik yang digelar MnC di Jakarta.

Baru-baru ini, karya komiknya yang berjudul 'The Battle Of The Good Guy' diterbitkan oleh penerbit komik Yogyakarta.

Saat Gaza Palestina di-invasi zionis Israel, 'Bunga Melati Palestina' inipun mengekspresikan kepeduliannya lewat karya seninyanya 'For Our Brother' yang diunggah di DevianArt.

Saat ditanya apa cita-citanya, siswi SMA 3 Yogyakarta yang ingin kuliah di ITB tahun depan ini mengutarakan ingin menjadi komikus kebanggan Indonesia di ajang internasional.

"Our Spirit, Dua, Hope, All For You, Gaza" (Karya Yasmin Filistin)


(by Didi D)



Mengapa Shalat Dhuha Memperlancar Rezeki?

Posted: 23 Aug 2014 05:00 PM PDT


Banyak Muslim yang meyakini bahwa salah satu keajaiban shalat Dhuha adalah memperlancar rezeki. Lebih dari itu, banyak pula Muslim yang telah membuktikan bahwa setelah rutin mengerjakan shalat Dhuha, rezekinya menjadi lebih lancar.

Mengapa demikian? Mari kita perhatikan hadits-hadits yang mengaitkan shalat Dhuha dengan rezeki berikut ini:

يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلاَمَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ وَنَهْىٌ عَنِ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنَ الضُّحَى

"Setiap pagi, setiap ruas anggota badan kalian wajib dikeluarkan shadaqahnya. Setiap tasbih adalah shadaqah, setiap tahmid adalah shadaqah, setiap tahlil adalah shadaqah, setiap takbir adalah shadaqah, menyuruh kepada kebaikan adalah shadaqah, dan melarang berbuat munkar adalah shadaqah. Semua itu dapat diganti dengan shalat dhuha dua rakaat." (HR. Muslim)

فِى الإِنْسَانِ ثَلاَثُمِائَةٍ وَسِتُّونَ مَفْصِلاً فَعَلَيْهِ أَنْ يَتَصَدَّقَ عَنْ كُلِّ مَفْصِلٍ مِنْهُ بِصَدَقَةٍ. قَالُوا وَمَنْ يُطِيقُ ذَلِكَ يَا نَبِىَّ اللَّهِ قَالَ النُّخَاعَةُ فِى الْمَسْجِدِ تَدْفِنُهَا وَالشَّىْءُ تُنَحِّيهِ عَنِ الطَّرِيقِ فَإِنْ لَمْ تَجِدْ فَرَكْعَتَا الضُّحَى تُجْزِئُكَ

"Di dalam tubuh manusia terdapat tiga ratus enam puluh sendi, yang seluruhnya harus dikeluarkan shadaqahnya." Mereka (para sahabat) bertanya, "Siapakah yang mampu melakukan itu wahai Nabiyullah?" Beliau menjawab, "Engkau membersihkan dahak yang ada di dalam masjid adalah shadaqah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah shadaqah. Maka jika engkau tidak menemukannya (shadaqah sebanyak itu), maka dua raka'at Dhuha sudah mencukupimu." (HR. Abu Dawud)

Dalam dua hadits ini dan hadits-hadits lain yang senada, Shalat Dhuha bernilai sedekah. Bukan sembarang sedekah, tetapi 360 sedekah. Sedangkan tiap sedekah akan dilipatgandakan oleh Allah. Subhanallah.

Berikutnya, dalam hadits Qudsi Allah berfirman akan menjamin rezeki hamba-hambaNya yang menjaga shalat Dhuha.

يَقُولُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تُعْجِزْنِى مِنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ فِى أَوَّلِ نَهَارِكَ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Allah 'Azza wa Jalla berfirman, "Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu." (HR. Ahmad)

Ketiga, dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan derajatnya hasan shahih menurut Syaikh Al Albani.

بَعَثَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- سَرِيَّةً فَغَنِمُوا وَأَسْرَعُوا الرَّجْعَةَ فَتَحَدَّثَ النَّاسُ بِقُرْبِ مَغْزَاهُمْ وَكَثْرَةِ غَنِيمَتِهِمْ وَسُرْعَةِ رَجْعَتِهِمْ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَلاَ أَدُلُّكُمْ عَلَى أَقْرَبَ مِنْهُ مَغْزًى وَأَكْثَرَ غَنِيمَةً وَأَوْشَكَ رَجْعَةً مَنْ تَوَضَّأَ ثُمَّ غَدَا إِلَى الْمَسْجِدِ لِسُبْحَةِ الضُّحَى فَهُوَ أَقْرَبُ مَغْزًى وَأَكْثَرُ غَنِيمَةً وَأَوْشَكُ رَجْعَةً

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengirimkan sepasukan tentara, lalu mereka berhasil memperoleh harta rampasan perang yang banyak dan bergegas pulang. Kesuksesan perang, harta rampasan yang banyak dan pasukan kembali dengan selamat menjadi buah bibir di masyarakat. Lantas Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Maukah kalian aku tunjukkan sesuatu yang lebih banyak memperoleh harta rampasan, bahkan keberhasilannya lebih cepat dibandingkan pasukan tentara itu? Hendaklah seseorang berwudhu lalu pergi ke masjid untuk mengerjakan shalat Dhuha. Maka orang itulah yang lebih cepat memenangkan peperangan, lebih banyak meraih harta rampasan dan lebih segera meraih kesuksesan." (HR. Ahmad; hasan shahih)

Jika pada hadits-hadits sebelumnya shalat Dhuha dikaitkan dengan sedekah dan rezeki, pada hadits ini shalat Dhuha bahkan membuat orang yang mengerjakannya dapat meraih kesuksesan dengan segera. Subhanallah, demikianlah keajaiban shalat dhuha. Wallahu a'lam bish shawab. [Abu Nida]

*sumber: bersamadakwah.com


Netanyahu Tidak Sedang Bercanda

Posted: 23 Aug 2014 04:15 PM PDT


Saat Netanyahu merintih minta tolong dan mengemis gencatan senjata. Ia tidak sedang bercanda. Ia tahu, jika perang darat dilakukan, jumlah komandan lapangan dan perwira menengah Israel bisa ludes. Terbukti, Mayjen Sami Tourjuman, Panglima Tempur Israel lari dan sembunyi saat rudal HAMAS melintas di atas kepalanya.

Nah ketika Netanyahu jumawa dan berkata, "Semua negara Arab mendukung Israel dan menentang HAMAS." Ia tidak sedang bercanda. Tadi malam waktu Gaza, Israel mengirimkan 6 pesawat tempu dan menembakkan bom yang meruntuhkan bangunan berlantai 15 rata dengan tanah. Dunia Arab semua pura-pura tidak melihat dan tidak mendengar. Semua tutup mata dan tutup telinga. Mereka malah mengirim pesan kepada Netanyahu, "Gempur teus, sampai HAMAS ludes atau rakyat Gaza menghukum HAMAS."

Namun HAMAS kini sudah bulat hati. Tidak ada lagi judul gencatan senjata, sebelum balas dendam atas syahidnya 3 komandan tempur HAMAS terbayarkan. Harian Maarev Israel menduga-duga, 2-3 hari ke depan, akan ada kejutan-kejutan yang dilakukan para pejuang HAMAS terhadap Israel. Menurut beberapa sumber, pasukan bawah tanah HAMAS-Jihad Islam tengah mempersiapkan strategi mematikan untuk melakukan aksi-aksi berikut:

1. Menyerang pusat-pusat energi yang mesuplai gas dan minyak ke Israel.
2. Melakukan penyerangan terukur langsung ke jantung militer atau sipil Israel.
3. Menargetkan kematian perwira-perwira tinggi Israel.
4. Melakukan ujicoba peluru anti pesawat yang selama ini terlalu bebas membombardir Gaza tanpa perlawanan anti pesawat.

Kita doakan, semoga HAMAS-Jihad Islam mampu menuntaskan perlawanan terhadap Israel. Walaupun secara kasat mata, kekuatan HAMAS jauh di bawah Israel yang merupakan kekuatan militer keempat di dunia. Tapi semangat meraih kematian fi sabilillah, adalah modal yang tak dimiliki bangsa lain di dunia.

(By: Nandang Burhanudin)



Kapal Israel Rugi Besar Akibat Diblokir Berhari-hari di Pelabuhan Oakland

Posted: 23 Aug 2014 04:00 PM PDT


SAN FRANCISCO - Aktivis kemanusiaan San Francisco memblokir kapal dari perusahaan pelayaran terbesar 'Israel' sehingga tidak bisa membongkar muatan mereka di Pelabuhan Oakland selama empat hari berturut-turut. Para aktivis telah mencegah kapal Zim Line dari merapat ke pelabuhan Oakland sejak 16 Agustus lalu.

Lara Kiswani, direktur eksekutif Pusat Sumber Daya dan Pengorganisasian Arab menyatakan bahwa mereka akan terus menggelar aksi tersebut sampai kapal Zim Line milik penjajah zionis 'Israel' meninggalkan Pelabuhan Oakland bersama muatan kargonya.

Kapal Zim Line terlihat terus berputar-putar di laut karena menghindari ribuan demonstran yang memenuhi Pelabuhan Oakland. Perusahaan Zim Line tersebut mengalami kerugian besar akibat terluntang-lantung di laut berhari-hari. Pekerja pelabuhan mengatakan bahwa untuk setiap 12 jam di area pelabuhan Oakland, setidaknya ada 50.000 dolar AS yang harus dibayar Zim Line. Angka kerugian jauh lebih besar karena ada denda, bahan bakar, kebocoran, dan biaya-biaya lain.

Aksi ini adalah yang pertama kalinya dapat menahan kapal penjajah zionis dari merapat ke pelabuhan lebih dari satu hari. Para aktivis bersiap dan berharap akan ada lebih banyak lagi gerakan serupa di masa mendatang. Menurut mereka, aksi menentang penjajahan dan penyerangan yang dilakukan zionis 'Israel' terhadap Gaza ini adalah contoh aksi langsung yang dapat dicontoh banyak pihak di seluruh dunia.

Akun Twitter @BlockTheBoat yang menyiarkan langsung peristiwa pemblokiran kapal Zim Line menyatakan bahwa mereka tidak akan berhenti melakukan aksi-aksi ini hingga 'Israel' menghentikan penjajahan terhadap Palestina.

*sumber: Electronic Intifada|Sahabat Al-Aqsha



Cinta Penawar Luka | Salim A. Fillah

Posted: 23 Aug 2014 04:19 PM PDT


Mari sejenak mendampingi seorang Ibu yang melahirkan.

Makhluq Allah yang mulia ini nyawanya berada di ujung tanduk. Serangan rasa nyeri luar biasa menyergap ketika rahim mulai berkontraksi. Makin lama kian sering dan kian menyakitkan. Otot-otot serasa dikejangkan dan tulang-tulang seperti dibetoti. Puncaknya, ketika sang bayi sudah saatnya menghirup udara dunia, maka yang dirasakan sang Ibu adalah perobekan luas, luka jerih yang berdarah-darah, dan tubuh yang dipaksa untuk berkelojotan menuntaskan bebannya.

Rasa sakit itu, sungguh tak terkatakan.

Tetapi lihatlah itu, ketika luka robek masih menyemburkan darah, ketika tenaga tubuh habis lunglai disadap persalinan, ketika rasa lelah timbun-menimbun dengan nyeri menyayat tanpa henti, sang ibu tersenyum begitu indahnya. Seakan semua rasa sakit itu sirna ketika sang bayi yang menangis demikian keras diletakkan di atas dadanya, dalam pelukannya.

Terbayangkah jika rasa sakit dahsyat yang kemudian menguap dalam sekejap macam itu dialami juga oleh seorang pria?

***

Setelah mendaki, lelaki itu masuk terlebih dahulu, menyibak ruang cekung di antara batu. Rikat matanya memeriksa tiap pojok. Dia temukan setidaknya ada empat lubang, sarang makhluk berbisa di gua itu. "Tunggulah sejenak ya Rasulallah", ujarnya. Dipinggirkannya semua kerikil dan batu. Disapunya lantai dengan surban hingga pasirnya rata dan lembut. Diletakkannya bekal di sudut-sudut.

Lalu diapun duduk. Ditepatkannya selonjoran kaki dan tapak-tapak tangannya pada lubang-lubang yang diperkirakan dihuni binatang berbisa. Anggota tubuhnya dikerahkan untuk menutup bahaya sengatan dari liang-liang itu. Lalu Rasulullah pun masuk, merebahkan diri untuk beristirahat di pangkuan lelaki itu.

Lelaki itu, Abu Bakr Ash Shiddiq yang kurus badannya, pucat kulitnya, dan lembut hatinya; mendampingi Muhammad Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam dalam hijrahnya. Kali ini, mereka sedang berada di Gua Tsur untuk menghindarkan diri dari kejaran Quraisy yang murka berat atas lolosnya Muhammad. Dan inilah mereka di sini, menghindar dari jalur perjalanan beberapa jenak untuk mengecoh para pemburu nyawa Sang Nabi.

Belum beberapa lama mereka di situ, Abu Bakr telah mulai merasa sengatan-sengatan binatang berbisa mencekatnya. Rasa ngilu, pedih, dan nyeri yang tak tertahankan menjalar seakan hendak merusakkan syaraf dan melumpuhkan badannya. Tapi dia tetap diam dan menggigit bibir. Ditahannya rasa sakit itu demi agar Sang Nabi tak terganggu istirahatnya. Beliau Shallallaahu 'Alaihi wa Sallam pulas sekali.

Beberapa lelaki Quraisy tampaknya mengetahui persembunyian mereka dan memeriksa pintu gua. Abu Bakr mulai gelisah dan disergap cemas. Tepat pada saat itu, sebulir air mata tak mampu lagi ditahannya hingga jatuh menitik berketipak di pipi Sang Nabi. Beliau bangun.

"Jangan sedih hai Abu Bakr", ujar beliau menatap sahabatnya dengan teduh, "Allah bersama kita."

Nabi mengatakan "jangan sedih" alih-alih "jangan takut", sebab meski ketakutan meraja, sungguh Abu Bakr lebih tercekam oleh kesedihannya memikirkan sahabat tercinta. Betapa mereka saling mengerti isi hati.

"Orang-orang itu ya Rasulallah", ucap Abu Bakr yang telah lupa pada sakitnya, "Andai mereka melihat ke arah kaki mereka sendiri, pastilah mereka akan mengetahui keberadaan kita."

"Bagaimana pendapatmu hai Abu Bakr", lanjut Rasulullah sambil tersenyum, "Jika ada dua orang dan yang ketiganya adalah Allah?"

Kalimat Rasulullah dan senyum beliau, ketenangan dan keteduhan wajahnya tiba-tiba membuat Abu Bakr serasa diguyur embun sejuk ketenteraman. Segala rasa sakit akibat sengatan binatang-binatang jahat itu tak lagi terasa. Dunia serasa dipenuhi cahaya yang berpendar-pendar, hangat dan penuh cinta. Sebab mereka berdua telah menyatu, dengan Allah sebagai saksinya, sebagai yang ketiganya.

Inilah cinta penawar luka. Adakah kita punya?


(sumber: http://salimafillah.com/cinta-penawar-luka/)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar