Senin, 17 November 2014

PKS PIYUNGAN

PKS PIYUNGAN


Mengambil Seperlunya Saja

Posted: 17 Nov 2014 02:30 PM PST



Oleh Muktia Farid*

Saat tahun lalu kami berangkat umroh dengan tarif yang superhemat, beberapa orang bertanya, "Hotelnya jauh gak? Jauh lah ya mestinya?". "Hotelnya kayak apa? Gak bakal sekelas zamzam atau hilton ya"

Ya namanya juga paket supersaver. Ana rega ana rupa. Tapi yang jelas kami tidak terlantar, meski nggak nginep di hotel terkenal. Alhamdulillah lokasinya cukup dekat untuk ditempuh jalan kaki PP. Waktu itu kan perhitungannya sederhana saja. Daripada berangkat hanya berdua dengan paket yang aduhai, lebih baik bisa untuk berangkat bertiga (saya,suami, ibu mertua) dengan paket yang adanye aje :)

Bicara tentang hotel berbintang, suami berkata, "Kalau buat orang umum yang nggak biasa di hotel, hotel seperti itu sudah cukup lah. Kita juga tahu fasilitas hotel berbintang2 kan karena fasilitas dinas. Jatahnya memang itu. Kalau biaya sendiri ya ngapain pilih yang berbintang2. Naik pesawat juga begitu kan. Pilih g*r*d* juga karena jatahnya memang itu kalau dinas. Kalau pas lagi urusan pribadi ya milih yang biasa-biasa aja, kalau perlu hunting tiket murah"

Aha, betul sekali. Kalau nginep sekeluarga ya pasti kami cari hotel murmer. Makan juga cukup di resto murmer, bukan untuk wisata kuliner tapi ya untuk benar-benar makan. Menyesuaikan dengan plafon anggaran ^_^

Nah, untuk liburan semesteran Desember besok, suami juga sudah buking tiket kereta untuk perjalanan mudik PP sekeluarga. Tiket bisnis? Nggak, cukup tiket ekonomi, yang harganya empatpuluh ribu rupiah saja per kepala. Itu sudah pakai AC lho sekarang. Cukup nyaman lah menurut kami. Wong dulu jaman bujang malah biasa naik kereta yang sama dan gak pakai AC juga nyaman-nyaman saja. Sengaja memilih mudik dengan kereta, karena pengalaman bawa kendaraan sendiri itu ya kudu berlipat-lipat stok sabarnya menikmati macet di jalan. Apalagi saat lebaran atau liburan. Alasan lainnya, dengan naik kereta ekonomi, semoga ada lesson lain yang nanti dapat diambil oleh anak-anak, yang selama ini terbiasa dengan pemenuhan fasilitas. Nggak kayak ayah ibunya yang naik kereta pun dulu sering nggak dapet duduk, modal nggelosor di selasar. Bertemu dengan tipikal orang berbagai macam, yang kadang memang mampunya hanya naik kereta itu untuk bepergian, semoga mampu menghaluskan budi anak-anak kami.

Salah seorang teman lalu bertanya, "Kalau ekonomi kan kursinya keras dan tegak. Nggak capek nanti?"
Iya sih, kursinya memang begitu. Nggak bisa disetel pula, musti berhadapan. Tapi ya enjoy sajalah. Capek atau nggak itu menurut saya tidak semata karena kondisi, tapi juga sangat tergantung persepsi. Kalau hati senang, meski beraktivitas seharian juga nggak capek. Tuh contohnya anak-anak balita kita. Kalau sudah main di luar rumah, betaaah bener. Padahal mainnya ya lari, sepeda, dst yang full aktivitas fisik. Nanti giliran masuk rumah, baru berasa capeknya :D

Saya lalu teringat, belum lama mendapat postingan yang menyejukkan di grup WA kumpulan tausiyah RT tempat saya tingal (keren kan RT-nya, he). Tentang hedonic tridmil. Ini dipicu karena kadang kita merasa: Kenapa makin tinggi pendapatan seseorang, tetap saja uang yang lebih banyak itu tak mampu membuat kita lebih bahagia dibanding saat penghasilnnya masih sedikit? Kajian-kajian dalam ilmu financial psychology menemukan jawabannya, yang kemudian dikenal dengan nama "hedonic treadmill" tadi.

Gegara hedonic tridmill, seberapapun uang didapat, sejumlah itu pula akan habis untuk dibelanjakan. Gaji 1 juta habis, gaji 5 juta habis, gaji naik 20 juta pun tetap habis. Mengapa? Karena nilai hidup, harapan dan gaya hidup juga ikut naik sejalan dengan meningkatknya gaji. Yang tadinya seleranya ndeso, jadi berubah selti (selera tinggi). Yang tadinya asal punya sepatu yang awet, sekarang harus yang branded. Dan seterusnya.

Disebut hedonic tridmil, karena seperti berjalan di atas papan tridmil, berlari terus tapi nggak maju-maju. Nafsu untuk membelanjakan meningkat seiring income yang meningkat, tapi kebahagiaan dan kepuasan tak kunjung didapat. Ini juga sesuai dengan hukum Gossen 2 yang saya pelajari jaman SMA waktu mapel ekonomi, yang kurang lebih kontennya begini: jika kita sudah mencapai titik kepuasan terntentu, maka titik itu akan begeser mencari titik kepuasan yang lebih tinggi lagi. Judulnya, nggak akan pernah puas jika terus dituruti.

Lalu, bagaimana biar kita terhindar dari jebakan batman hedonik tridmill? Intinya adalah tetap bertahan pada value asal. Biarkan saja yang ndeso tetap ndeso. Tadinya doyan makan mendoan, ya biarkan saja tetap begitu, nggak harus ganti spaghetti. Tadinya bisa tidur pules di dipan yang hanya dialasi tikar, kenapa lalu menjadi gatal-gatal setelah banyak duit, sehingga tidur harus di spring bed high quality dan kamar full AC?

Alhamdulillah dalam agama saya pun persoalan ini dibahas. Oleh karena jika dituruti nggak pernah puas, maka solusinya adalah mengambil seperlunya saja. Bukan juga mengekangnya habis-habisan, yang nanti pasti akan menimbulkan masalah baru. Jadi tidak ekstrem kiri tidak ekstrem kanan. Term Islamnya disebut Qanaah, kalau term umumnya mungkin 'bersahaja'. Contoh gampangnya begini. Nafsu sex itu ada pada manusia. Islam mengajarkan bahwa nafsu itu perlu disalurkan pada tempat yang benar, yaitu dengan menikah. Tidak dipangkas habis dengan anggapan jika disalurkan akan mengotori fitrah (misalnya dengan tidak boleh menikah). Tidak juga diumbar habis dengan zina dan freesex. Pertengahan saja, seperlunya saja. Itulah jalan yang lebih selamat.

Ohya, term qanaah ini khusus diperuntukkan untuk hal-hal yang sifatnya materi, bukan ilmu. Antonimnya adalah hirs, atau rakus. Islam justru mengajarkan, untuk harta dunia harus qanaah, tapi untuk ilmu justru harus hirs. Jangan dibalik! :)

Bersahaja, sederhana, itu merupakan pilihan sikap. Bukan soal keterpaksaan kondisi. Berbeda dengan miskin dan melarat, yang kata Nabi mendekatkan pada kekufuran. Nabi itu meskipun terbiasa tidur hanya dengan tikar yang membuat punggungnya tampak berbilur, atau hanya makan roti gandum kasar untuk makanan sehari-harinya, bahkan hingga menalikan batu untuk mengganjal perutnya yang lapar…. tapi beliau sama sekali tidak miskin. Beliau memilih hidup sederhana. Jika beliau miskin, mana mampu beliau meminang Khadijah dengan mahar 20 unta plus 12 uqyah emas? Jika harga unta berkisar 4000 riyal (setara dengan lk 10.000.000) artinya jika 20 unta maharnya adalah senilai 200 juta. Sedang 1 uqyah emas itu setara dengan 7,4 dinar. Nilai 1 dinar sekarang lk 2,2 juta, maka 12 uqyah itu jika dirupiahkan adalah sekitar 196jutaan. Jadi mahar Rasul waktu itu totalnya kurleb 400 juta! Ada, pemuda muslim (bukan artis lho ya) sekarang yang berani memberikan mahar segitu?

Ada juga orang yang berpendapat begini, "Allah kan suka jika kita menampakkan kesyukuran atas karunia yang Dia limpahkan". Ini memang masalah pilihan. Tidak masalah juga menampakkan kesyukuran dengan menyesuaikan penampilan, asal hati tetap terjaga untuk qanaah. Dan saya termasuk yang takut soal itu. Takut tergelincir. Sewaktu rumah yang ditempati sekarang ini jadi, saya dan suami sempat khawatir, dan entah rasanya kok 'agak menyesal'. Terlalu magrong-magrong, untuk ukuran kami. Jadi takut jika wujud syukur nikmat kami tak sejalan dengan nilai nikmat yang Allah anugerahkan.

Menurut senior saya, bentuk kesyukuran atas nikmat yang paling abadi justru adalah saat membaginya dengan orang lain. Tidak untuk dinikmati sendiri. Bagi kita ambil seperlunya saja, tidak harus sampai merubah gaya hidup dan tampilan (harus serba branded, misalnya). Sisanya adalah jatah orang lain, yang mampir lewat tangan kita. Sungguh, senantiasa berdoa, agar kami dimudahkan soal ini.

Saya teringat ucapan salah seorang senior, yang suaminya adalah seorang kepala badan (artinya jabatannya sudah selevel mentri). Tapi kalau melihat isi rumahnya, rasanya justru terharu. Kursi sofanya ada robek di beberapa bagian, televisi yang dimiliki juga tivi nyempluk jadul dengan ukuran standar, bukan tivi flat apalagi home theatre. Mobil pribadi pun cuma ada satu berupa mobil sedan tahun 90-an. Tapi jangan ditanya kontribusinya untuk masyakarat sekitar. Senior saya ini berkata, "Jika kita punya duit misalnya untuk beli alphard, menurut saya lebih baik beli innova 2. Kan nggak jauh beda naik alphard sama naik innova, sudah cukup nyaman lah innova. Bedanya itu ya kalau sama jalan kaki. Nah, kalau alphard cuma satu kan hanya dipakai sendiri (keluarga). Tapi jika ada innova dua, yang satu buat keluarga, yang satu bisa dihakpakaikan untuk umat, kan lebih joss itu"

Ya, bahagia itu sederhana saja, asal kita tahu cara memaknainya

*sumber: http://muktiberbagi.wordpress.com/2014/11/17/mengambil-seperlunya-saja/

http://presentasi.videomotivasi.com/

[BBM Naik] SBY: Pemerintah Wajib Menjelaskan ke DPR

Posted: 17 Nov 2014 09:17 AM PST



Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut berkomentar atas kenaikan harga BBM yang diumumkan Presiden Jokowi Senin malam (17/11/2014).

SBY menyatakan Pemerintah Jokowi wajib menjelaskan tentang kenaikan harga BBM pada rakyat dan DPR. Berikut tanggap lengkap SBY melalui akun twitternya @SBYudhoyono:

Saya terima banyak pertanyaan/mentions dari publik soal kenaikan BBM. Kebetulan pukul 08.10 malam ini saya menerima telepon dari Wakil Presiden Jusuf Kalla. *SBY*

Wapres beritahu bahwa pemerintah akan menaikkan harga BBM. Saya katakan, menaikkan harga BBM adalah wewenang pemerintah. *SBY*

Tapi pemerintah wajib menjelaskan kepada rakyat mengapa harga BBM dinaikkan. Itu jawaban saya sebagai respons atas telepon Pak Jusuf Kalla. *SBY*

Selain itu, pemerintah harus menjelaskan kebijakan kompensasi bagi golongan tidak mampu serta dari mana dana itu diambil. *SBY*

Pemerintah juga harus menjelaskan bagaimana cara menentukan rumah tangga-rumah tangga yang berhak menerima dana kompensasi itu. *SBY*

Saya berpendapat, jika dana kompensasi itu diambil dari APBN, maka pemerintah wajib menjelaskan kepada DPR RI sebagai bentuk pertanggungjawaban. *SBY*

http://presentasi.videomotivasi.com/

Harga BBM Naik, Hastag #ShameOnYouJokowi Jadi Trending Topic

Posted: 17 Nov 2014 08:58 AM PST



Warga Twitter bereaksi atas kenaikan harga BBM yang diumumkan Presiden Jokowi malam ini, Senin (17/11/2014). Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB.

Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dari sebelumnya Rp 6.500 per liter. Sementara harga solar naik Rp 2.000 dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter.

Atas keputusan tersebut, pengguna Twitter pun mengecam Jokowi yang belum genap sebulan dilantik jadi Presiden sudah menyengsarakan rakyat dengan menaikan harga BBM 30%.

Hasilnya, tagar (hastag) #ShameOnYouJokowi pun menjadi kata wajib yang menyertai berbagai komentar kecaman tersebut.

"#ShameOnYouJokowi #RevolusiMental RT @tempodotco: Di Daan Mogot, Mobil Mewah Ikut Ngantre BBM Murah http://bit.ly/1ydio87," tulis @hevnyar.

"Pulang Presentasi naik pesawat, turunnya di Bandara, eh Pak Jokowi naikin harga BBM 2rb perak,bikin rakyat tambah sengsara #ShameOnYouJokowi," komentar @adhi_2803.

"Jadi pembentukkan Satgas Anti Mafia Migas hanya utk alihkan isu harga #BBMNaik? Duh #ShameOnYouJokowi," tulis @Setialesmana.

Selain hastag #ShameOnYouJokowi, hastag #SalamGigitJari juga mewarnai kicaun netizen.

http://presentasi.videomotivasi.com/

Jokowi Catat Rekor PRESIDEN RI TERCEPAT Naikkan Harga BBM

Posted: 17 Nov 2014 08:12 AM PST



"Saya selaku Presiden RI menetapkan harga BBM baru yang akan berlaku pukul 00.00 pada Selasa 18 November 2014." Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dari sebelumnya Rp 6.500 per liter. Sementara harga solar naik Rp 2.000 dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter.

Demikian pengumuman resmi yang disampaikan Jokowi di Istana Merdeka, Senin malam, 17 Nopember 2014.

Ini artinya belum genap sebulan Jokowi menjadi Presiden RI (Jokowi dilantik 20 Oktober 2014) telah terjadi kenaikan harga BBM.

Dengan demikian Jokowi mencatatkan diri dalam sejarah sebagai Presiden RI tercepat dalam menaikkan harga BBM.

Pada zaman Gus Dur, setelah tujuh bulan berkuasa, baru Gus Dur berani menaikkan harga BBM. Sementara, Mega baru menaikkan harga BBM setelah lima bulan berkuasa. Begitu juga dengan SBY, ia baru menaikkan harga BBM setelah lima bulan dilantik sebagai presiden.

Nah, belum sebulan berkuasa, Jokowi sudah menaikkan harga BBM tiga puluh persen. Ini sepertinya pantas dicatat oleh MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pemerintahan pasca-Reformasi yang tercepat menaikkan harga BBM.

http://presentasi.videomotivasi.com/

Usai Jokowi Umumkan Harga BBM Naik, Mahasiswa Langsung Turun ke Jalan

Posted: 17 Nov 2014 07:35 AM PST



Pemerintah secara resmi menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium dan solar mulai Selasa (18/11/2014) pukul 00.00 WIB.

Harga premium naik Rp 2.000 menjadi Rp 8.500 per liter dari sebelumnya Rp 6.500 per liter. Sementara harga solar naik Rp 2.000 dari Rp 5.500 menjadi Rp 7.500 per liter.

Kenaikan harga BBM ini diumumkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Senin (17/11/2014). "Saya selaku Presiden RI menetapkan harga BBM baru yang akan berlaku pukul 00.00 pada Selasa 18 November 2014," ujar Jokowi.

Usai Jokowi umumkan kenaikan harga BBM, ratusan mahasiswa dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) menggelar unjuk rasa di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin malam, 17 November 2014.

Dilansir VIVAnews, aksi massa terkonsentrasi di depan SPBU 3110303 di Jalan Cikini Raya, tak jauh dari stasiun kereta. Mereka menggelar aksi dengan membakar ban bekas di tengah jalan dan memblokir jalan dari Cikini Raya menuju Salemba.

Mahasiswa ini berteriak mengungkapkan kecewaannya terhadap Presiden RI Jokowi karena telah menaikan harga BBM dalam waktu yang sangat cepat.

http://presentasi.videomotivasi.com/

Pandangan 'Unik' Santri Pesantren terhadap Tarbiyah

Posted: 17 Nov 2014 03:30 AM PST


"TARBIYAH SUPER SAIYA"

Oleh Zulkifli Al-Munib*

Seringnya kebanyakan orang yang pernah mengenyam pendidikan ilmu agama di pesantren terlebih dilembaga pendidikan se-masyhur Gontor ada kebanggaan tersendiri dan sikap jumawa yang kadang tak jarang jatuh pada sikap merendahkan lainnya.

Itulah yang terjadi pada diri saya sebelum mengenal tarbiyah. Pertama kali diajak 'ngaji' oleh kawan akrab dengan 'ustad' yang mahasiswa IPB awalnya terbesit rasa meremehkan karena tidak memiliki latar belakang pesantrenan. Namun setelah menjalani pertemuan yang mulanya karena rasa gak enak karna diajak teman akrab pada akhirnya menjadi kecanduan dan antusias dengan yang namanya 'liqo'.

Buah dari liqo ini munculah 'ghirah' yang secara bahasa artinya 'cemburu' dan dalam istilah yakni 'gairah atau sikap semangat dalam mengaktualisasikan keislaman melebihi yang lain dalam rangka berfastabiqul khairat atau berlomba-lomba dalam kebaikan'.

Yang tadinya malas ke masjid, shubuh kesiangan, lalai dan tidak tepat waktu, malas tilawah quran setelah tersentuh tarbiyah semuanya berubah.

Saking semangatnya mengikuti liqo tak puas hanya seminggu sekali sayapun mencari 'liqo-liqo' yang lain. Disinilah pengalaman saya bersinggungan dengan gerakan yang kemudian hari saya kenal dengan Hizbut Tahrir yang bertujuan menegakkan khilafah, hanya saja setelah beberapa kali mengikuti saya merasakan ada 'corak pemikiran' yang beda antara model liqo saya yang pertama dengan liqo saya yang kedua.

Liqo pertama (Tarbiyah -red) membahas permasalahan umat islam pada aspek individu dalam hal aqidah, ubudiyah dan sulukiyah. Dalam tiap pertemuan pun senantiasa dievaluasi bacaan dan hafalan qurannya juga ibadah yang lain. Sedang liqo yang kedua (HTI -red) membahas permasalahan umat pada aspek politik, sistem pemerintahan, ideologi dan pemikiran dan menjadikan khilafah sebagai solusi dari seluruh permasalahan itu.

Usut punya usut setelah saya berkonsultasi kepada pemateri liqo pertama bahwa liqo yang saya ikuti diluar liqonya adalah halaqah hizbut tahrir sedang liqo yang saya ikuti dengannya adalah liqo tarbiyah. Sayapun tertarik mendalami kedua model gerakan islam ini dari buku-buku yang menjadi referensi keduanya hingga sayapun hafal tokoh-tokoh dan buku-buku dari kedua pergerakan tersebut.

Hingga pada akhirnya saya memutuskan untuk memilih tarbiyah yang saya rasa lebih mudah diterima secara konsep amal dan pemikiran walopun perkembangan HT selalu saya ikuti dari waktu.

Prolog yang cukup panjang..

Adapun konteks judul diatas ("TARBIYAH SUPER SAIYA") semata-mata memberikan gambaran sederhana seperti apakah tarbiyah.

Tarbiyah adalah tarqiyah wa tanmiyah, artinya peningkatan dan pertumbuhan dalam memahami dan mengamalkan islam.

Kita mengenal karaker utama Dragon Ball yakni Son Goku, setiap menghadapi musuh baru yang lebih kuat yang tak bisa dia lawan dengan kekuatan super saiya yang ada akan selalu ada cara dia mendapatkan kekuatan super saiya yang baru.

Seperti itulah tarbiyah, memiliki masa dan tingkatannya sendiri dalam menjawab tantangan yang sesuai dengan kadarnya.

Saat pertama tersentuh tarbiyah maka tantangannya adalah kepribadian dan mentalitas diri, progres pertumbuhan tidak akan bertambah sampai rintangan yang ada terlewati. Demikian seterusnya.

Begitulah yang saya alami dalam tarbiyah, saat awal dibina paradigma tarbiyah saya dibentuk untuk meningkatkan muwashofat kader tarbiyah agar bertambah maqam taqwimnya sehingga terukur tarqiyah wa tanmiyahnya.

Namun saat memasuki kehidupan kampus dimana qualifikasi syakhsiyah kader tidak berpatokan pada muwashofat melainkan pada kepatuhan dan penugasan itulah saat dimana saya mengalami 'tsunami paradigma', semuanya hancur kecuali menyisakan kesabaran, ketsabatan dan rasa cinta akan tarbiyah.

Syukurlah tsunami itupun berlalu, selepas lulus dari kampus angin ghirah yang dulu pernah saya rasakan kini berhembus lagi.

Sedikit banyaknya sayapun mengerti, tarbiyah tak melulu materi-materi dalam liqo. Ujian kesabaran, ujian ukhuwah, ujian ketsabatan adalah madrasah tarbiyah yang tak kalah penting dari liqoan.

*dari tulisan Zulkifli Al-Munib di laman fb-nya

http://presentasi.videomotivasi.com/

Agenda DPR Usai Islah

Posted: 17 Nov 2014 02:15 AM PST


Usai penandatangan kesepakatan damai Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH), DPR akan menggelar sidang paripurna.

Selain membahas alat kelengkapan dewan (AKD), sidang paripurna tersebut akan membahas beberapa agenda DPR ke depan.

"Terkait tenaga ahli, kemudian nama-nama empat fraksi yang belum mengajukan nama," kata Wakil Ketua DPR Fadli Zon di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 17 November 2014.

Kemudian paripurna juga akan membahas revisi Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) sesuai kesepakatan KMP dan KIH. Pasal yang akan direvisi yaitu pasal 74 dan pasal 98 ayat 7, 8 tentang hak anggota DPR.

"Perbaiki soal hak melalui komisi saja, karena hak (interpelasi, angket) itu, memang sudah melekat di setiap anggota DPR," tuturnya.

Untuk diketahui, pasal-pasal tersebut direvisi karena bersifat pengulangan dari pasal lainnya yang sudah ada di UU MD3, yakni pasal 79, dan penjabarannya di pasal 194-227. (fs)

http://presentasi.videomotivasi.com/

Dollar Benar-benar Menjajah Dunia

Posted: 17 Nov 2014 01:46 AM PST



Oleh Canny Watae*

"Itu harga hari ini, Pak, sesuai kurs Dollar hari ini".

SMS dari entah penjaga atau pemilik toko yang kukunjungi kemarin dalam rangka memburu satu item barang teknologi informasi. Dollar. Dollar benar-benar menjajah dunia.

Awalnya, di dekade 70-an, saat Saudi Arabia takluk pada permintaan Amerika Serikat agar transaksi jual-beli minyak bumi dijangkarkan ke Dollar (baca: pake mata uang Dollar yang diterbitkan Amerika). Saudi, yang sebenarnya punya kesempatan berharga untuk menjayakan mata uang Riyal terbitannya, melepaskan begitu saja peluang emas itu. Jika saja Saudi bertahan jual-beli minyaknya menggunakan Riyal, maka Riyal akan perkasa dan diburu di seluruh dunia. Otomatis semakin menaikkan daya beli-nya. Apa mau dikata. Dollar-lah yang akhirnya secara tak resmi menjadi mata uang dunia.

Sebelumnya, Dollar sudah menancapkan kuku sebagai alat tukar "standar" di berbagai belahan dunia sebagai dampak Perang Dunia II. Rekonstruksi Eropa pasca perang tidak lain dan tidak bukan menggunakan alat gerak ekonomi bernama Dollar Amerika. Harap mahfum: Amerika keluar sebagai pemenang perang. Lagi pula, Inggris Raya yang di atas kertas kaya raya sedang babak belur pasca bertahan habis-habisan melewati PD II. Dengan Marshall Plan, Amerika leluasa merekonstruksi Eropa, dengan rencana jangka panjang terbentuknya "United States of Europe". Marshall adalah Panglima Angkatan Bersenjata Amerika pada masa perang. Dia arsitek kemenangan Amerika di dua medan laga sekaligus: Eropa dan Asia. Namanya diabadikan sebagai nama program pembangunan kembali Eropa itu.

Bukan hanya di Eropa, di Asia pun Amerika dapat kesempatan emas berinvestasi Dollar. Rekonstruksi Jepang juga jadi ajang pemupukan Dollar. Pembangunan ekonomi Taiwan juga jadi ajang persemaian Dollar. Amerika punya kepentingan besar memajukan perekonomian Jepang dan Taiwan karena secara geografis 2 negara ini ibarat 2 kapal induk yang berlayar di lepas pantai Tiongkok. Amerika memakmurkan Jepang dan Taiwan untuk membendung pengaruh komunisme Tiongkok, sekaligus membuat kedua negara itu sebagai "benchmark" antara kapitalisme (yang sukses) dengan komunisme (yang ibarat remaja ketika itu masih mencari "jati diri"). Di kemudian hari, Amerika"menari" dengan Tiongkok. Tiongkok diberi umpan kemakmuran. Produk-produk Tiongkok diserap pasar Amerika dengan rakusnya. Dollar dengan sendirinya mengalir masuk ke Tiongkok. Sekarang, dalam skala kapitalisme Tiongkok sedang makmur-makmurnya. Saking makmurnya, Tiongkok punya uang Dollar dalam bentuk cash lebih dari 3 Trilyun. Dan, sebentar lagi elit-elit Partai Komunias Tiongkok akan "sadar" bahwa mau tidak mau negara besar mereka hanya bisa berjalan dengan platform demokrasi.

Dollar yang perkasa itu sebenarnya sempat mati tak lama sebelum PD II berkecamuk. Sistem kapitalisme ambruk di penghujung dekade 20-an. Perekonomian kapitalis Amerika mati di dekade 30-an. Ekonomi Paman Sam mengalami Depresi Besar (Great Depression). Satu dekade tak cukup untuk mengobati depresi itu. PD II – lah yang menjadi bel penyelamat. Tiba-tiba industri Amerika mendapat pasar: Mesin-mesin perang. Produk yang otomatis laku. Semua tenaga kerja terserap ke industri perang. Pasca perang, ya itu tadi: Dollar dapat kesempatan jadi alat tukar standar di Eropa dan Asia Timur-jauh.

Tetapi, dari penjangkaran ke minyak-lah yang membuat Dollar benar-benar menjadi alat tukar standar dunia. Ekonomi dunia pasca perang berlari di atas licinnya minyak. Amerika segera memakai sepatu anti-licin dengan "mengikat" Saudi Arabia. Bagi Amerika yang mata uangnya menjadi "standar" jual beli minyak, naik turunnya harga minyak hanya tergantung pada naik-turunnya produksi minyak bumi. Bagi kita,yang mata uangnya bukan Dollar,naik turunnya harga selain tergantung pada naik turunnya produksi, tergantung pula pada nilai tukar mata uang kita dengan Dollar. Naik turunnya nilai tukar duit kita dengan Dollar adalah kisah tersendiri lagi. Apa penyebabnya, mengapa demikian, lalu dampaknya ke kiri kanan, itu satu bab tulisan tersendiri lagi.

Sampai kapan Dollar akan menjadi faktor pengaruh pada harga-harga barang di sekitar kita? Sepertinya akan sampai kiamat. Sebab, negara yang menerbitkan mata uang itu sendiri kini sedang tertimbun utang maha dashyat. Keasyikan memiliki mata uang yang perkasa selama puluhan tahun, Amerika tampaknya teledor lagi. Amerika kini punya utang 15 Trilyun Dollar(!).

Memaksa Dollar tidak lagi menjadi standar tak resmi jual-beli minyak sepertinya mustahil saat ini. Ini barang ibarat benang kusut. Satu soal di satu rusa benang tidak dapat diselesaikan pada ruas itu saja. Ruas yang lain akan ikut bergerak juga. Gunting benangnya? Ah, tak bisa, karena bumi ini tidak bisa di belah-belah.

Masih ada harapan untuk negara dengan kekayaan alam melimpah seperti Indonesia. Mari kita olah sendiri. Teknologi? Ah, teknologi itu dibuat. Jangan diimpor. Mari bikin teknologi. Amerika bisa maju (dulu) karena semua tantangan pengolahan kekayaan alamnya mereka sendiri yang buat solusi teknologinya. Kita buat yang kita bisa. Yang tidak bisa, kita buat jadi bisa, sembari memanfaatkan yang sudah bisa. Hendaklah kekayaan alam dari perut bumi, laut, dan daratan kita keluar menjadi mata uang rupiah. Jangan keluar menjadi Dollar.Kita buat yang kita bisa. Yang tidak bisa, kita buat jadi bisa, sembari memanfaatkan yang sudah bisa. Hendaklah kekayaan alam dari perut bumi, laut, dan daratan kita keluar menjadi mata uang rupiah. Jangan keluar menjadi Dollar. Kerja dua kali kita karena mesti merupiahkannya lagi. Sementara keuntungan selisih pertukarannya jadi kenikmatan negara lain.

Sori... sampai di sini dulu. Saya harus segera ke toko sebelum barang pesanan saya naik harga.

*dari fb Canny Watae

http://presentasi.videomotivasi.com/

Inilah 5 Poin Kesepakatan KIH - KMP

Posted: 17 Nov 2014 01:30 AM PST


Penandatanganan kesepakatan damai antara KIH dan KMP menjadi tanda bersatunya DPR dan bubarnya DPR tandingan.

Ada lima poin kesepakatan yang ditandatangani KIH dan KMP. Poin-poin itu adalah :

1. Bersepakat untuk menyelesaikan semua berdasarkan AKD yang ada.

2. Amandemen UU 17/2014 berkaitan MD3.

3. Pembagian AKD diatur proporsional, termasuk KIH 21 pimpinan.

4. Adanya penghapusan pasal-pasal di UU MD3 pasal 74 ayat 3, 4, 5,6 , pasal 98 ayat 7,8,9, tatib pasal 60 ayat 2, 3, 4, dan 5 dihapus karena pengulangan.

5. Semua proses ini ditargetkan selesai sebelum tanggal 5 Desember 2014.

Menurut politikus PDIP Pramono Anung, tidak ada lagi istilah KMP dan KIH di DPR.

"Kalau di luar silakan, tapi di DPR tidak ada lagi," ujar Pram di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 17 November 2014.

Pramono menjelaskan revisi UU No.17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3) akan diselesaikan paling lambat sebelum 5 Desember 2014. Sebab, setelah itu DPR akan memasuki masa reses.

"Pertama kami akan rapat badan legislasi, lalu dilanjutkan ke prolegnas dan dibahas mengenai UU MD3," ujarnya. (fs)

http://presentasi.videomotivasi.com/

Mendagri Ingin PNS Punya Rumah dan Kartu 'Sakti'

Posted: 17 Nov 2014 12:45 AM PST


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memiliki keinginan agar seluruh pegawai negeri sipil (PNS) serta TNI/Polri memiliki rumah pribadi. Hal ini menjadi keinginannya karena masih ada PNS yang belum memiliki rumah atau masih tinggal bersama orangtua.

"Sekarang nyatanya masih ada yang belum punya rumah atau masih tinggal di rumah orangtua," ujar Tjahjo, Minggu (16/11/2014) malam.

Untuk mewujudkan keinginannya itu, dirinya segera berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam mengupayakan program rumah murah untuk PNS.

"Jangan sampai PNS/TNI/Polri tidak memiliki rumah," harapnya.

Tak hanya itu, politikus PDIP ini juga mengimbau agar seluruh PNS memiliki jaminan kesehatan dan pendidikan anak. Dengan begitu, para PNS juga harus memiliki tiga kartu 'sakti' yang telah menjadi program Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar serta Kartu Keluarga Sejahtera juga perlu dimiliki PNS," tandasnya. [inilah/fs]

http://presentasi.videomotivasi.com/

Akhirnya, DPR Tandingan Bubar

Posted: 17 Nov 2014 12:29 AM PST



Penandatangan kesepakatan antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) menjadi simbol perdamaian kedua kubu yang selama ini nampak berseberangan di DPR.

Kesepakatan yang dilangsungkan di Gedung Nusantara IV DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 17 November 2014 ini sekaligus menjadi penanda bubarnya DPR tandingan yang dibentuk KIH.

Dalam acara itu, pihak KMP diwakili Ketua Umum PAN Hatta Rajasa dan Sekretaris Jenderal Golkar Idrus Marham. Sementara itu pihak KIH diwakili Pramono Anung dan Olly Dondokambey.

Acara perdamaian ini dihadiri pula oleh pemimpin DPR, pemimpin fraksi dan pemimpin komisi di DPR.

"Dengan begitu, tak ada Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia hebat, yang ada DPR yang satu. Dan, saya ucapkan terimakasih pada semua pihak yang terlibat. Dengan demikian, kami akan fokus tugas dan fungsi yang ditugaskan dan diamanatkan kepada kami," tandas Ketua DPR Setya Novanto dalam acara penandatanganan tersebut.

Kesepakatan KMP-KIH, diharapkan akan ditindaklanjuti oleh pemimpin DPR dan pimpinan fraksi untuk diselesaikan sebelum masa reses DPR 5 Desember 2014.

"Mulai hari ini kita bangun bangsa ini dengan pertimbangan check and balance," ujar Setya..

Sebagaimana diketahui, sebelumnya anggota DPR terpecah menjadi dua kelompok yaitu KMP dan KIH. Satu kelompok yaitu KIH membentuk pimpinan DPR tandingan karena merasa kepentingan mereka tidak diakomodasi.

Kini, dua kelompok tersebut melebur menjadi satu setelah penandatanganan kesepakatan damai di atas. (fs)

http://presentasi.videomotivasi.com/

[Tanpa Wakil Ketua DPRD] Fadli Zon: Paripurna DPRD DKI Ilegal

Posted: 17 Nov 2014 12:00 AM PST


Wakil Ketua DPR Fadli Zon menilai paripurna yang digelar DPRD DKI dengan agenda pengumuman Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI merupakan paripurna ilegal.

Pasalnya, paripurna yang seharusnya dihadiri oleh seluruh pimpinan DPRD, hanya dihadiri oleh ketua tanpa wakil ketua DPRD.

"Paripurna yang benar sesuai konstitusi, diadakan mayoritas anggota dari 106 (anggota DPRD DKI) itu. Gimana prosedurnya tiga tanda tangan pimpinan, bukan satu orang begitu," kata Fadli di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (17/10/2014).

Menurut dia, DKI harus segera menyelesaikan pro kontra pengangkatan Ahok sebagai gubernur menggantikan Joko Widodo.

"Ini jadi domain DPRD DKI, mengambil langkah-langkah politik, hukum, yang hadir saja 36 dari 106, itu sangat memerlukan di DKI itu," ujarnya.

"Yang kemarin itu (paripurna) bodong, bukan paripurna (legal)," tandasnya.

Seperti diketahui, paripurna yang digelar DPRD DKI beberapa waktu lalu digelar tanpa kehadiran Koalisi Merah Putih (KMP). KMP menilai ketua DPRD tidak menjalankan kesepakatan meminta saran dari Mahkamah Agung (MA) tentang proses pengangkatan Gubernur DKI. [inilah/fs]

http://presentasi.videomotivasi.com/

"Sudirman Said, Faisal Basri dan Mafia Migas" by @kurawa

Posted: 16 Nov 2014 11:16 PM PST



1. Penunjukkan faisal basri sebagai ketua tim penanggulangan mafia migas bukti kalo men ESDM ini piawai dalam bekerja maupun berpolitik :))

2. Gue pernah berkolaborasi dgn sudirman said saat membenahi bisnis TNI-AD... memiliki postur tubuh kecil sama spt kancil yg penuh akal

3. Sejak awal gue sangat setuju dgn penunjukan beliau sbg men ESDM karena track record beliau yg mumpuni dalam menghadapi mafia2 di Indonesia

4. Penentang2 men-ESDM ini kebanyakan orang yg belum tahu bagaimana si "kancil" ini bergerak sejak dulu... kalangan militer byk yg respek

5. Transisi bisnis militer di Indonesia yg sdh berjalan sjk jaman panglima TNI endriartono berlangsung mulus tanpa gejolak adalah sumbangsihnya

6. Gue lom bisa bandingkan kerasnya mafia migas dgn mafia bisnis TNI tapi kalo dari data2 modusnya gue yakin mafia bisnis TNI lbh sadis n byk

7. Banyak yg lom sadar kalo Sudirman Said inilah menteri pertama yg nekat memecat Dirjen nya saat baru beberapa hari menjabat wkwkwkw

8. Dan banyak pula yg gak paham menerjemahkan statement dia yg akan mempertahankan Petral.. aneh, Petralnya yg dimusuhi oleh orang2 tsb :)

9. Sudirman said tipikal pekerja strategic.. dia minimalisir konflik yg terekspos... mafia migas targetnya adalah person bukan institusi

10. Banyak pula yg belum tahu bagaimana network seorang sudirman said.. mayoritas adalah penggiat2 utama anti korupsi termasuk KPK didalamnya

11. Jokowi sdh paham dan tidak sembarangan saat menunjuk sudirman said menjadi ESDM krn disinilah kementerian utama di eranya..

12. Jokowi sdh mengkotakkan menteri2 utama "pilihan"nya dikantong dia sejak awal pencapresan dimana sudirman said adalah salah satunya

13. Jokowi sdh "mengamati" manuver2 pendukungnya sendiri yg menolak keputusan beliau menunjuk menteri2 pilihannya.. rata2 penuh kepentingan

14. Mulai spin issue kalo sudirman said ini kader PKS sampai menteri yg gak jelas asal usulnya dijadikan black campaign kepada si kancil.

*sumber dari twit @kurawa (17/11/2014)

http://presentasi.videomotivasi.com/

Kapolda Metro Jaya Tepis Isu Demo Saat Pelantikan Ahok

Posted: 16 Nov 2014 11:15 PM PST

Pelantikan Plt. Gubernur DKI Basuki T. Purnama (Ahok)  semakin dekat. Beredar isu bahwa pelantikan itu akan mengundang aksi penolakan dari berbagai pihak.

Namun isu itu ditepis oleh Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Unggung Cahyono. Meski tak menampik bahwa pengamanan di Gedung DPRD DKI Jakarta akan diperketat, namun Unggung menegaskan, hingga kini tak ada permintaan izin unjuk rasa yang diterima pihak Polda Metro Jaya.

"Biasanya H-3 sudah ada yang minta izin seperti surat tanda terima pemberitahuan. untuk saat ini belum ada. Tetapi persiapan keamanan sudah kita laksanakan gladi lapang," ujar Unggung.

Unggung pun meminta seluruh jajaran Polda untuk mengawal unjuk rasa, jika ada, dengan tindakan persuasif.

"Seperti yang kita laksanakan pengamanan unjuk rasa tetap saya sampaikan ke anggota untuk layani unras (ujuk rasa-red) dengan pendekatan persuasif dan simpatik," tegas Unggung pagi ini, Senin 17 November 2014.

Untuk pengamanan pelantikan Ahok, sedianya Polda menyiagakan 10.000 personel dan didukung oleh personel TNI dari Kodam V Jaya bila diperlukan. (fs)

http://presentasi.videomotivasi.com/

"Tim Pemberantas Mafia Migas Tak Selesaikan Masalah" by @PartaiSocmed

Posted: 16 Nov 2014 10:47 PM PST



1. Mengenai Komite Reformasi Tata Kelola Migas (KRTKM) pimpinan @FaisalBasri berikut sedikit pandangan kami..

2. KRTKM yg harusnya menjadi 'Tim Pemberantasan Mafia Migas' itu tak akan efektif memberantas mafia migas. Ini berkenaan dg wewenangnya.

3. Sebab KRTKM adalah tim adhoc yg wewenangnya hanya bersifat rekomendasi. Tim ini tak punya wewenang penindakan.

4. Jadi mau sehebat apapun personil yg dipilih di KRTKM ini hasil kerjanya bisa dipakai dan bisa juga tidak. Hanya sampai disitu.

5. Persoalan dlm mafia migas itu adalah pada angka yg gigantic. Kepentingan luar biasa besar bermain disana.

6. Ibaratnya nyawa presiden tak ada artinya dibanding angka yg dipertaruhkan. Itulah mafia migas..

7. Bagaimana hal spt ini akan diberantas oleh tim yg cuma punya wewenang memberi rekomendasi?

8. Terlebih pihak yg akan diberi rekomendasi adalah orang2 yg dikenal luas pernah jadi bagian dari sistem lama.

9. Bicara tentang mafia migas kita jangan hanya berpikir tentang Reza Chalid saja. Mafia migas lebih dari itu.

10. Mafia migas itu juga bagian dari kepentingan negara2 asing menguasai SDA negeri ini.

11. Jadi bicara tentang mafia migas kita juga harus bicara tentang sistem. Bicara tentang sistem kita harus bicara tentang UU

12. Mafia migas tercipta oleh sistem yg melahirkan mafia migas tsb. Sistem tsb dilindungi oleh konstitusi yg bernama UU Migas

13. UU Migas No 22 Tahun 2001 adalah contoh nyata pengkhianatan wakil rakyat dan pemerintah terhadap negerinya sendiri

14. Sebab sejak lahirnya UU Migas No 22 Tahun 2001 terjadi proses liberalisasi sektor migas di republik ini.

15. Bagaimana UU Migas No 22 Tahun 2001 yg bertentangan dgn pasal 33 UUD 1945 itu bisa lahir? Semua ini tak terlepas dari campur tangan asing

16. UU Migas No 22 Tahun 2001 adalah salah satu dari sekian banyak UU di republik ini yg dibuat atas dasar kesepakatan dgn pihak asing

17. UU sejenis ini disebut sbg "loan tied law". Yaitu UU yg dibuat sebagai syarat tambahan bagi disetujui tidaknya sebuah pinjaman

18. Dan faktanya UU Migas No 22 Tahun 2001 itu pembuatannya dibiayai oleh USAID. Tujuannya adalah utk liberalisasi sektor migas

19. Setelah diketok, Kedutaan Besar Amerika mengirim laporan ke Washington DC bahwa UU Migas telah berhasil diselesaikan

20. Nah, UU Migas No 22 Tahun 2001 inilah yg merupakan biang kerok persoalan migas kita saat ini

21. Mulai dari terus menerus turunnya produksi dalam negeri, munculnya mafia migas, hingga internasionalisasi harga sektor hilir

22. UU Migas itu sendiri diperjuangkan oleh Amerika dalam perjuangan yg panjang dan tak kenal menyerah..

23. Sejak dari jaman Habibie, tapi ditentang oleh Rizal Ramli yg saat itu menjadi penasihat ekonomi DPR

24. Jaman Gus Dur semakin tidak dapat angin krn ada Kwik Kian Gie dan Rizal Ramli dlm kabinet

25. Lalu masuklah ke jaman Megawati. UU Migas itu diusulkan kembali oleh penerintah. Dan.. Abrakadabra! Sukses!!

26. Lalu sekarang kita bertepuk tangan riuh atas dibentuknya KRTKM yg tak punya wewenang itu.

27. Bisa dilihat betapa kita sudah disesatkan oleh detail tanpa sanggup melihat big picture-nya?

28. Jika sumber persoalannya adalah pada UU, apakah KRTKM yg tak punya wewenang itu bisa bisa menyelesaikan masalah?

29. Sesungguhnya yg perlu dikawal publik adalah revisi UU Migas ini. Krn draft revisi yg sudah dibuat tidak mengandung perubahan yg prinsip

30. Jadi bagaimana kita mengharapkan mafia migas bisa diberantas dalam sistem yg menyuburkan mafia itu sendiri?

31. Sekian kultwit kami. Semoga mencerahkan dan menambah wawasan kita semua. Terimakasih.

*sumber: Twit @PartaiSocmed (17/11/2014)

http://presentasi.videomotivasi.com/

Pernyataan Susi Pudjiastuti Tentang Kepemilikan Pulau Sevelak Terbantahkan

Posted: 16 Nov 2014 10:30 PM PST

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti sudah menegaskan Pulau Sevelak yang terletak di Kabupaten Simeuleu, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), bukan miliknya. Dia paham bahwa tidak bisa memiliki sebuah pulau.

"It is not my property because can not own island," katanya di Jakarta, Jumat (14/11).

Namun, pernyataan Susi Pudjiastuti tersebut terbantahkan. Dugaan pulau yang telah berubah nama menjadi Pulau Susi tersebut telah ia beli di bawah tangan seharga Rp 60 juta pada 2005 pun terus menyeruak.

Manajer PT Asi Pudiastuti, Rustam Effendi, 61, mengaku bahwa pembelian pulau itu diatasnamakan orang lain. Bukan atas nama Susi, tetapi Eno Sugiarto, warga Pangandaran, Jabar, asal menteri nyentrik tersebut. Transaksi jual beli pulau dari Jamal, penduduk desa di Simeulue, kepada Eno dilakukan dengan bukti kuitansi.

"Iya, pulau itu sudah dibeli, uangnya dari Ibu Susi dan yang melaksanakan jual beli itu Pak Eno Sugiarto dari Pak Jamal, pemilik pulau itu, sekitar April 2005," kata Rustam saat ditemui wartawan di rumah karyawan Susi, Adriman Badai, Minggu (16/11).

Ketika ditanya soal keberadaan bukti tersebut, Rustam menyatakan, kuitansi tidak dibawa dan disimpan di kantor Pusat PT Asi Pudjiastuti. Setelah pulau beralih kepemilikan, Menteri Susi bersama anak dan suaminya sering menginap di Sevelak.

Meski telah terjadi jual beli dan berubah kepemilikan atas Pulau Sevelak, Rustam menepis Pulau Sevelak milik Susi. "Ibu susi tidak pernah merasa memiliki pulau ini. Hanya masyarakat hingga ke tingkat pejabat yang menganggap pulau itu telah menjadi milik Bu Susi. Padahal, tidak demikian," imbuh Rustam, seperti dikutip dari situs JPNN.

Rakyat Aceh (Group JPNN) bersama sejumlah wartawan dan tim investigasi dari Jakarta akhirnya mendatangi pulau tempat pengembangbiakan lobster tersebut dengan menggunakan perahu bermesin milik Buyung, 40, warga Desa Salur, Kecamatan Teupah Barat, Minggu kemarin.

Dari kejauhan sudah tampak tanda-tanda bahwa pulau itu dihuni dan ada aktivitas. Sebab, terlihat asap mengepul dari jarak 100 meter. Setelah rombongan tiba di pulau, terlihat sejumlah pondok dan satu panggung dari kayu dan landasan helikopter. Juga, pohon cemara yang hidup subur dengan jarak yang teratur.

Di sana Rakyat Aceh bersama tim investigasi dari Jakarta bertemu dengan pekerja, yakni Riadi Widiananda, 22, yang mengaku bekerja di lokasi milik Menteri Susi itu sejak Februari 2014. "Saya bekerja dan menjaga pulau Bu Susi bersama dua teman saya lagi," kata Raidi yang setiap hari bekerja membersihkan dan menjaga area Pulau Sevelak.

Dia mengaku tidak melarang nelayan atau warga yang datang ke Pulau Sevelak untuk memancing, berwisata, atau sekadar singgah untuk berlindung dari cuaca buruk. Namun, mereka harus melapor terlebih dahulu.

Riadi memperlihatkan sejumlah ruangan rumah penginapan yang telah dibangun yang terbuat dari kayu berkualitas, termasuk kamar yang khusus untuk Menteri Susi saat berkunjung ke Pulau Sevelak.

Satu rumah panggung ukuran 9 x 6 meter memiliki satu kamar dan ruang tamu yang lumayan luas, dilengkapi dapur dan kebutuhan listrik yang disuplai dari genset. Kemudian, satu rumah khusus untuk tamu dan digunakan untuk ruang pertemuan seluas 4 x 5 meter. Tak jauh dari dua rumah itu, terdapat landasan pendaratan helikopter dengan luas 10 x 9 meter yang telah dibeton. Lokasinya strategis dan menghadap langsung ke laut.

Riadi bersama dua rekannya, yakni Semi dan Kuyut, setiap bulan digaji Rp 1,5 juta. "Kerja saya di sini, menyapu, membersihkan, serta merawat semua yang ada di pulau ini. Setiap bulan kami digaji lebih dari Rp 1,5 juta," jelas Riadi.

Riadi mengajak keliling dan menelusuri pantai Pulau Sevelak yang didominasi pantai karang dan pasir putih. Di sana juga terdapat pohon dengan diameter 50 cm, kelapa, serta tempat ribuan kelelawar.

Dia memberitahukan, saat ini tidak ada tempat untuk penangkaran atau tempat penampungan untuk transaksi lobster. Pengembangbiakan lobster telah dialihkan di Ujung Sarang, Desa Sambai, Kecamatan Teluk Dalam, 42 kilometer dari Sinabang, ibu kota Kabupaten Simeulue.

Setelah dua jam berkeliling, Rakyat Aceh dan tim investigasi meninggalkan Pulau Sevelak, lalu menuju rumah Adriman Badai. Dia salah seorang karyawan Susi yang telah mengabdi sebelas tahun dan yang bertanggung jawab untuk mengawasi Pulau Sevelak yang dikuasai Susi.

Adriman yang ditemui di kediamannya menyambut rombongan dengan wajah tidak ramah. "Kalian kalau ke sana permisi dulu lah, melapor dulu kepada saya, karena saya yang bertanggung jawab terhadap pulau milik Susi itu," kata Adriman dengan suara ketus.

Bahkan, dia menyebutkan telah mendapat laporan dari anak buahnya di Pulau Sevelak tentang kedatangan wartawan dan tim investigasi dari Jakarta, tapi tidak melapor dan masuk-masuk tanpa izin.

Sumber: RMOL
http://presentasi.videomotivasi.com/

Panorama Eksotis Kemah Kader PKS DIY di Pantai Wediombo

Posted: 16 Nov 2014 10:11 PM PST



Gunungkidul - Bidang Kepanduan dan Olahraga (BKO) Dewan Pengurus Wilayah Partai Keadilan Sejahtera Daerah Istimewa Yogyakarta (DPW PKS DIY) menggelar acara Kemah Kader PKS 2014 di pantai eksotis Greweng Wediombo, Gunungkidul, DIY Yogyakarta.

Acara yang digelar sejak Jumat (14/11) hingga Ahad (16/11) ini bertjauk 'Jiwa Kepahlawanan untuk Kejayaan NKRI' dan dikuti kurang dari 200 kader PKS DIY.

"Kemah merupakan salah satu agenda rutin PKS untuk menempa mentalitas dan fisik kadernya," kata Ketua BKO DPW PKS DIY, Sugeng Edi Pramono, DIY, Senin (17/11).

Dia menjelaskan, kemah PKS ini adalah gelombang pertama untuk tahun ini. Menurutnya, akan ada beberapa gelombang lagi karena banyaknya kader PKS di DIY. "Kader PKS tidak hanya ditempa akal dan hatinya namun juga raganya," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPW PKS DIY, Zuhrif Hudaya mengatakan, kemah dapat meningkatkan kekompakkan dan nasionalisme kader PKS.

"Nasionalisme dan militansi kader PKS bisa terbentuk melalui kegiatan kemah seperti ini. Yang nantinya akan sangat berguna bagi kegiatan pelayanan PKS kepada masyarakat," kata Zuhrif.

Selama tiga hari kader PKS digembleng dengan berbagai kegiatan mulai dari senam, outbond hingga survival. Kader partai berlambang bulan sabit dan padi ini dituntut untuk bertahan hidup di alam bebas tanpa bekal makanan dan harus mencari sumber makanan yang berasal dari alam. Hadir sebagai salah satu pembicara dari TNI dan Kepolisian dalam sesi materi untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan meneladani jiwa para pahlawan dalam merebut kemerdakaan Indonesia.

Sumber: www.pksdiy.or.id

http://presentasi.videomotivasi.com/

Jokowi Bahas Kenaikan BBM Hari Ini

Posted: 16 Nov 2014 10:10 PM PST


Presiden Joko Widodo, Senin (17/11) dijadwalkan melangsungkan sidang kabinet paripurna untuk membahas sejumlah hal, antara lain perencanaan pembangunan infrastruktur dan bahan bakar minyak (BBM).

Sidang kabinet dijadwalkan berlangsung di Kantor Presiden Jakarta pada pukul 13.00 WIB. Selain membahas dua hal tersebut di atas, sidang kabinet yang akan dihadiri oleh para menteri Kabinet Kerja juga akan membahas mengenai program Kartu Indonesia Pintar, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Keluarga Sejahtera.

Presiden juga akan menyampaikan arahan terkait tindaklanjut hasil kunjungan ke luar negeri selama sepekan yang lalu menghadiri KTT APEC, KTT Asean dan KTT G-20.

Sebelumnya Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan Presiden meminta para menteri untuk menindaklanjuti hasil pertemuan kepala negara dengan para pemimpin negara sahabat selama kunjungan ke luar negeri. "Yang jelas pada hari Senin (17/11) Presiden akan menggelar rapat untuk memberi pekerjaan rumah kepada para menteri guna menindaklanjuti hasil perjalanan ini," kata Andi. [inilah/fs]

http://presentasi.videomotivasi.com/

Permintaan KIH Hapus HMP Tak Bisa Dipenuhi

Posted: 16 Nov 2014 09:45 PM PST

Hak interpelasi, angket, dan menyatakan pendapat sudah tertuang dalam UUD 1945.

Sehingga ketiga hak yang melekat pada DPR itu tidak bisa dihilangkan seperti keinginan Koalisi Merah Putih (KMP) dalam perjanjian damai dengan Koalisi Indonesia Hebat (KIH).

"Ketiga hak itu sudah melekat dalam UUD45. Di situ tentu sudah dijelaskan secara penuh dan pelaksanaannya diatur UU MD3," ujar Wakil Ketua DPR Agus Hermanto di gedung DPR, Senayan, Jakarta (Senin, 17/11).

Namun dalam pembahasan kesepakatan damai, kedua kubu sepakat akan menghapus pasal pengulangan soal ketiga hak tersebut.

Sayangnya, lanjut Agus, penjelasan mengenai ketiga hak tersebut tidak hanya tertera dalam satu pasal. Ada beberapa pasal yang juga turut mengatur hak kedewanan.

"Sehingga kita melihat kalau sudah diatur dalam satu pasal tidak perlu diatur dalam pasal berkaitan komisi," tandas politisi Demokrat itu.

Sumber: rmol

http://presentasi.videomotivasi.com/

Mahfud MD: Pengangkatan Faisal Basri Tanda Pemerintah Punya Niat Baik

Posted: 16 Nov 2014 09:39 PM PST



Ekonom Faisal Basri ditunjuk Kementerian ESDM untuk memimpin tim komite reformasi Tata Kelola Migas. Tim ini beragontakan gabungan perwakilan Pemerintahan dan masyarakat.

"Kami bersyukur, bahwa ekonom senior Faisal Basri mau memimpin tim ini, kami satu pandangan sektor ini sangat penting agar dapat dikelolah dengan baik," ujar Menteri ESDM Sudirman Said, Minggu (16/11), dilansir inilah.com.

Dia mengharapkan enam bulan kedepan tim ini dapat menghasilkan rekomendasi yang bisa diajukan oleh Kementrian ESDM kepada Pemerintahan.

Menanggapi penunjukan Faisal Basri ini, mantan Ketua MK Mahfud MD menyambut baik dan optimis akan membawa dampak baik.

"Pengangkatan Faisal Basri sbg Ketua Pemberantasan Mafia Migas menunjukkan Pemerintah punya niat baik. Sebab dia dikenal lurus & prorakyat," ujar Mahfud lewat akun twitternya @mohmahfudmd, Senin (17/11/2014).

Saat disinggung yang dibutuhkan memberantas Mafia tak hanya lurus tapi harus berani, Mahfud juga meyakini figus Faisal Basri adalah sosok pemberani.

"Sejauh yg dikenal oleh komunitas kampus dan aktivis, Faisal Basri itu pemberani," jawab Mahfud membalas mensen pertanyaan di twitter.

Setelah menerima amanah baru ini, Faisal Basri mengharapkan dengan tim ini, mereka dapat bekerja dan menghasilkan rekomendasi yang baik untuk Pemerintah agar sumber daya alam ini dikelolah dengan baik untuk kemakmuran rayat. "Saya akan bekerja keras dengan tim ini sesuai yang diamanahkan," harapnya.

Sementara itu Menteri ESDM Sudirman Said menjelaskan, tim komite reformasi tersebut memiliki empat tugas pokok yang hasil kajiannya akan menjadi bahan rekomendasi Kementerian ESDM kepada Presiden Joko Widodo.

Keempat tugas pokok itu, seperti dilansir KOMPAS.com, sebafai berikut:

Pertama, meninjau ulang, mengkaji seluruh proses perizinan dari hulu hingga hilir. Harapannya, kebijakan dan aturan yang teridentifikasi menyuburkan praktik mafia migas akan dihapus atau diubah.

Kedua, menata ulang kelembagaan, termasuk di dalammya memotong mata rantai birokrasi yang tidak efisien.

Ketiga, mempercepat revisi UU Migas dan memastikan seluruh substansinya sesuai dengan konstitusi dan memiliki keberpihakan yang kuat terhadap kepentingan rakyat.

Keempat, mendorong lahirnya iklim industri migas di Indonesia yang bebas dari para pemburu rente di setiap rantai nilai aktivitasnya, sebagai contoh banyak pemegang wilayah kerja yang tidak dikerjakan dengan baik, banyak pekerjaan di belakang meja yang tidak transparan.

http://presentasi.videomotivasi.com/

Gila, Sepasang Foto Jokowi-JK Rp 2 Juta!

Posted: 16 Nov 2014 09:30 PM PST


Oleh: Nandang Burhanudin*

Kegilaan apa lagi di Indonesia. Nalar dan logika terus diinjak-injak sang penguasa dan para abdi negara. Pelanggaran demi pelanggaran dibiarkan merajalela. Tak terkecuali di dunia pendidikan.

(Kami) membangun sekolah tanpa melibatkan dana APBD-APBN sepeserpun. Urusan perizinan tanpa fulus serasa mamfus. Eeeeh...kini kepala Sekolah di SMS oknum Diknas Pendidikan, harus membeli sepaket foto Jokowo-JK senilai Rp 2,1 juta. Uang dari mana? Wong sekolah kami tidak menerima BOSS.

Makin parah lagi. Sekolah diharuskan membeli seperangkat bel. Padahal sejak awal kami sudah punya bel 3 bahasa, dan bel Al-Qur'an. Harga bel dari diknas tidak tanggung-tanggung, RP. 3 juta rupiah.

Sekolah (pada prinsipnya anak-anak didik), benar-benar jadi sapi perah. Sempat protes menolak mengisi amplop untuk oknum Diknas. Malah kami diancam, "Silahkan cari lagi UPTD yang lain." Gila kan?

*penulis merupakan salah seorang pengurus yayasan di sekolah islam swasta.

http://presentasi.videomotivasi.com/

Sebut Server E-KTP di Luar Negeri, Pernyataan Mendagri Dibantah Bawahannya

Posted: 16 Nov 2014 09:24 PM PST



Pernyataan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang mengatakan bahwa chip e-KTP berada di luar negeri terbantahkan, menariknya yang membantah adalah anak buahnya sendiri.

Adalah Kepala Pusat Komunikasi (Kapuspenkum) Kemendagri Dodi Riyadmadji menyatakan bahwa server ada di Jalan Medan Merdeka Utara.

Dodi membantah kabar itu. Dia mengatakan setelah mendapatkan kabar itu pihaknya langsung bertanya pada Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri.

"Sudah saya tanyakan ke Dirjen ternyata servernya di Jalan Medan Merdeka Utara (lokasi gedung pusat kemendagri, red), bukan di luar negeri," paparnya.

Akibat kesalahan informasi ini, Tjahjo Kumolo membuat kebijakan dengan menyetop pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan dengan alasan server untuk chip di e-KTP berada di negara lain. [islamedia/fimadani]

http://presentasi.videomotivasi.com/

Tiket KA Ekonomi Naik Hingga 400%, Inikah Pemerintahan Pro Wong Cilik?

Posted: 16 Nov 2014 09:04 PM PST

Ilustrasi-Foto: liputan6
Tiket Kereta Api Ekonomi mulai 1 Januari 2015 naik karena tidak mendapat subisidi dari pemerintah.

Dengan tidak disubsidinya kereta api ekonomi jarak jauh dan jarak menengah maka harga tiket kereta api ekonomi jarak jauh dan jarak menengah naik tajam, naik drastis hingga 4 kali lipat atau 400 % dari harga bulan Desember 2014.

Pada Awal tahun 2014 sampai dengan April 2014 tiket KA Ekonomi jarak jauh tidak mendapat subisidi, namun harganya naik 2 kali lipat atau 200 % saja. Mulai 1 Januari 2015 kenaikannya menjadi 400%.

Mulai 1 Januari 2015 nanti KA Ekonomi jarak jauh dan menengah di bawah ini akan naik harganya dan dibagi menjadi harga subclass.

Subclass dalam kereta api merupakan pembeda harga yang terdapat dalam rangkaian kereta api. Ada subclass C, P, Q, S.

Urutan harga subclas yang paling mahal dalam kereta api ekonomi adalah C yang letak gerbong/keretanya paling aman dan nyaman biasanya di belakang jauh dari lokomotif.

Berikutnya subclass P agak mahal, Q lebih murah dan subclass yang paling murah adalah S.

Inilah kereta ekonomi yang mengalami kenaikan harga dan pembagian sub class nya.


Naiknya harga tiket ini jelas akan memberatkan rakyat pengguna kereta api. Sekaligus menjadi bukti ketakberpihakan pemerintah Jokowi pada wong cilik. (fs)

Sumber: Media Online KMP
http://presentasi.videomotivasi.com/

45 Masalah Keseharian Fiqih Wanita | Seri Buku Praktis

Posted: 16 Nov 2014 08:30 PM PST



45 Masalah Keseharian Fiqih Wanita

Penulis : Ahmad Sarwat, Lc., MA
Penerbit : Rumah Fiqih PublishingCover : softcover
Kertas/Ukuran : A5 14,8 cm x 21 cm
Tebal : 120 hlm.
Harga : Rp. 45.000,- - Rp. 29.500,-

Pemesanan:
Untuk memesan buku ini silahkan kirim sms yang berisi nama, judul buku, jumlah dan alamat lengkap, lalu kirimkan ke Ibu Aini 0857-1457-0957

Contoh : Saya Budi pesan buku 45 Masalah Keseharian Fiqih Wanita sebanyak 3 expl kirim ke Jl. Tendean 12 Surabaya


http://presentasi.videomotivasi.com/

Antara Ekonomi Kapitalis, Komunis dan Islam

Posted: 16 Nov 2014 08:00 PM PST



Oleh Indah Wulandari

Berbicara mengenai ekonomi berarti berbicara mengenai kelangsungan hidup, karena pada dasarnya ekonomi merupakan Sunatullah yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia sebagai mahluk, mengingat pentingnya ekonomi maka muncullah berbagai teori tentang ekonomi yang dijadikan landasan masyarakat untuk melakukan kegiatan perekonomian sehari-hari. Adapun teori-teori yang hingga saat ini masih dikenal oleh masyarakat adalah teori ekonomi Liberalis/kapitalis dan Komunis/sosialis.

Kedua teori ini sempat menjadi teori ekonomi yang menguasai dunia, bahkan hingga saat inipun teori ini masih dipelajari oleh lembaga pendidikan di hampir seluruh dunia, hal ini karena teori ini dianggap mampu mengatasi permasalahan di dunia hingga akhirnya hampir semua negara di dunia menjadikan teori ini menjadi kiblat perekonomian di negaranya, baik itu secara tertulis dalam konstitusi suatu negara ataupun hanya dipraktekan oleh pemerintah dan masyarakatnya, seperti kasus di Indonesia, dalam UUD pasal 33 disebutkan bahwa perekonomian Indonesia berdasarkan demokrasi pancasila, namun pada implementasinya justru negara ini mengamalkan teori liberalis.

Seiring dengan berkembangnya jaman ternyata kedua teori yang masyhur ini mulai terlihat keburukannya, bahkan dianggap tidak mampu lagi membawa dunia ini pada kesejahteraan. Keburukan ekonomi kapitalis/sosialis telah lama tumbang yang ditandai dengan keruntuhan tembok Berlin pada tahun 1989, peristiwa ini dianggap sebagai kemenangan kapitalis terhadap sosialis, adapun penyebab keruntuhan komunis ini di awali oleh kegagalan eksperimen yang dilakukan oleh Mikail Gorbachev yang pada saat itu menjabat sebagai presiden Uni Soviyet menerapkan ekperimen glasnot (keterbukaan) dan perestroika (demokrasi) bahkan Francis Fukuyama mengatakan bahwa pristiwa itu pula menjadi tanda bahwa kapitalisme adalah sistem terunggul yang menjadi pemenang akhir dari pergulatan seluruh sistem yang mengatur hidup manusia dan itulah akhir dari sejarah, seperti yang diungkapkan dalam bukunya yang berjudul "The last man and the End of History".

Tapi pada perkembangan selanjutnya mulailah dirasakan bahwa sistem kapitalis yang dianggap sistem terunggul memperlihatkan kelemahan-kelemahan yang tidak bisa dibantah, bahkan jika Fukuyama mengatakan bahwa sistem kapitalis adalah sistem yang mengatur hidup manusia maka pada kenyataanya hanya segelintir orang dapat merasakan keunggulan ini, hal ini dapat dilihat dari data-data yang sangat mencengangkan, adapaun data-data tersebut diantaranya adalah :

-Setengah dari penduduk dunia (sekitar 3 miliyar orang) hidupnya dengan uang dibawah $3 atau sekitar Rp.18000 sehari.

-GDP (Gross Domestic Product) atau pendapatan domestik Bruto di 48 negara termiskin di dunia tidak lebih dari 3 negara terkaya di dunia.

-Sekitar 790 juta orang di negara berkembang masih dalam kekurangan makanan yang layak dan hampir 2/3 tinggal di Asia dan Pasifik

Dari data-data tersebut dapat kita lihat bahwa ketimpangan yang sangat tinggi antara si kaya dan si miskin, apakah hal tersebut bisa dikatakan keunggulan dari sistem Kapitalis? Tentu jawabannya bukan karena kekayaan hanya dirasakan oleh segelintir orang sedangkan sisanya merasakan kesulitan dalam mengahadapi kehidupan yang semakin tidak memihak pada mereka yang tidak memiliki modal.

Lantas apa solusi untuk semua ini? Adakah sistem ekonomi yang bisa memecahkan persoalan ini sekaligus menjadi jawaban atas mereka yang merasa tidak diadili oleh sistem yang ada? Jawabannya ada, dan itu adalah sistem ekonomi Islam. Sistem ekonomi yang tidak hanya memihak pada mereka yang memiliki modal yang besar saja namun seluruh umat manusia, karena Islam memiliki sifat pertengahan yang berarti dapat memihak kepada semua lapisan masyarakat.

Bukti bahwa sistem Ekonomi Islam dapat mensejahterakan seluruh umat adalah pada masa Khalifah Umar Bin Abdul Aziz yang mana pada saat itu Khalifah umar harus pergi ke benua Afrika untuk menyalurkan Zakat, saking tidak ditemukannya orang yang berhak menerima Zakat di negaranya.

Subhanallah. Apakah kita masih ragu dengan sistem ekonomi Islam yang menjanjikan kesejahteraan bagi kita semua?


http://presentasi.videomotivasi.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar