Selasa, 14 Oktober 2014

PKS PIYUNGAN

PKS PIYUNGAN


PDIP Kepo

Posted: 14 Oct 2014 07:30 AM PDT

Menanggapi keingintahuan sebagian besar pendukung PDI P dan Jokowi soal kehadiran Prabowo Subianto saat pelantikan Jokowi, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon, mengaku belum bisa memastikan kehadiran Prabowo Subianto di acara pelantikan Jokowi pada 20 Oktober.

"Saya belum tanya Pak Prabowo langsung. Tapi, kalau datang atau tidak datang, itu kan masalah pribadi," kata Fadli di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, 14 Oktober 2014.

Fadli mengatakan, Ketua Umum PDI P Megawati Soekarnoputri tak sekali pun menghadiri undangan Susilo Bambang Yudhoyono selama 10 tahun menjabat Presiden. "Itu kan masing-masing orang, hak juga," ujarnya.

Fadli menuturkan jika kehadiran Prabowo dimaksudkan untuk melakukan rekonsiliasi sejatinya tidak perlu. Karena, lanjut dia, antara Prabowo dan Jokowi tidak ada masalah. Menurut Fadli, Prabowo ingin rekonsiliasi berjalan tanpa dibuat-buat.

"Pak Prabowo dan Pak Hatta sudah menyampaikan dan mengakui hasil itu (Jokowi menang). Dengan demikian ini sudah terjadi rekonsiliasi. Jadi, kita tidak melihat ada pertikaian atau pertentangan, itu jalan saja," terangnya.

Dia mengatakan, saat ini Prabowo dalam keadaan baik-baik saja. Tak ada raut wajah marah karena gagal jadi pemenang pada Pilpres 2014.

"Enggak ada marah, malah sering ketawa," ungkap Fadli. (fs).

http://www.lesprivatkasiva.com/

KH Miftachul Akhyar (Rais Syuriah PWNU Jatim): "Negara Diuntungkan Adanya FPI"

Posted: 14 Oct 2014 07:00 AM PDT



KH Miftachul Akhyar (Rais Syuriah PWNU Jatim) Pengasuh Pondok Pesantren Miftachussunnah Kedungtarukan Surabaya ini termasuk kiai yang mendukung keberadaan FPI.

Dalam pandangan Kiai Miftah, di tengah masyarakat yang semakin permisif dan apatis terhadap lingkungan sekarang ini, manfaat keberadaan FPI sangat jelas dalam memberantas kemunkaran. Sekaligus, dia (FPI) telah mengambil alih tugas-tugas NU dalam penanganan nahi munkar. Sebab selama ini pelaksanaan amar maruf nahi munkar masih terasa jomplang. Belum berimbang. Semua melakukan amr maruf, sementara yang nahi munkar hampir tidak ada, di situlah FPI mengisi kekosongan peran penting tersebut, dan itu menguntungkan umat Islam sekaligus pemerinta.

"Tinggal disinergikan dengan aparat keamanan saja, tutur Kiai Miftah.

Kiai Miftah mengingatkan, berita media massa memang bak pisau bermata dua: dapat bernilai positif, dapat pula negatif.

http://www.lesprivatkasiva.com/

Muhammad Al-Fatih Sang Ghazi dan Vlad III Dracula Sang Pemancang

Posted: 14 Oct 2014 06:44 AM PDT



Tulisan dari Felix Siauw ini mengurai tentang sosok Dracula yang ternyata adalah sosok nyata. Dunia perfilman Hollywood memolesnya dengan gambaran sesuai selera dan misi mereka, salah satunya yang sekarang sedang hangat dengan film DRACULA UNTOLD yang masuk dalam jajaran film Box Office (Baca: Ini Kisah Kekhalifahan Turki dalam Film Dracula Untold) 

Bagaimana kisah sebenarnya Dracula dan Muhammad Al-Fatih yang hidup sezaman? Mari kita simak.

Muhammad Al-Fatih Sang Ghazi dan Vlad III Dracula Sang Pemancang

Apa yang muncul di benak kita saat mendengar nama "Dracula"? apakah gambar yang muncul adalah vampir? orang bertaring? kastil abad pertengahan? atau kesemuanya? Kebanyakan orang mengenal Dracula dari novel besutan Bram Stoker, namun jarang sekali yang mengetahui bahwa Dracula itu memang ada nyatanya dan Bram Stoker terinspirasi dari kekejaman tokoh aslinya.

Tidak hanya nyata, sampai sekarang Dracula masih jadi pahlawan rakyat Rumania, dan masih ada hubungannya dengan sejarah Islam. Lebih jelas lagi, Dracula atau Vlad Dracul III ini adalah salah satu lawan perang yang berpengaruh dari Sultan Muhammad II Al-Fatih sang penakluk Konstantinopel.

"Dracul-ae" itu sebutan bahasa Rumania untuk bangsawan Ordo Naga (Rumania; Draco = Naga), dan akhiran "-ae" bermakna "putranya dari". Adapun "Ordo Naga" ini sendiri adalah salah satu kelompok ksatria yang disiapkan oleh Sigismund sang Raja Suci Romawi sebagai ksatria khusus dalam perang salib

Nama Dracula sendiri merujuk pada Vlad III "Tepes", anak dari Vlad II voivode (gubernur) Wallachia, Rumania. Pada masa Vlad II ayahnya, Wallachia dikuasai oleh Kesultanan Utsmani, dan sebagai jaminan kesetiaan, Vlad III (Dracula) kemudian disekolahkan di Kesultanan Utsmani

Dracula/Vlad III lalu dididik di kesatuan Yeniseri bersama adiknya Radu cel Frumos, dan mereka belajar di kesatuan militer terbaik di masanya. Usia Dracula waktu itu masih belia, 13 tahun saja, hanya selisih satu tahun dari Muhammad Al-Fatih yang berusia 12 tahun. Namun walau masih belia, Dracula sudah disumpah dalam Ordo Naga yang dibentuk untuk memerangi kaum Muslim, dan itulah yang jadi niatnya. Karenanya dia sangat membenci Muhammad Al-Fatih dan Islam, walau adiknya Radu cel Frumos menjadi Muslim dan kepercayaan Al-Fatih pada gilirannya

Saat ayahnya Dracula, Vlad II dibunuh dan dikudeta pada 1447 oleh John Hunyad dari Hungaria, Kesultanan Utsmani lalu membantu membebaskan Wallachia dari cengkeraman John Hunyad. Selepas itu Sultan Murad II, ayah Muhammad Al-Fatih, lalu meminta pada Dracula untuk menggantikan ayahnya memimpin di Wallachia

Diluar dugaan, inilah kesempatan yang ditunggu-tunggu Dracula, yang sedari awal pun membenci ayahnya karena mau tunduk pada Muslim. Berbekal bahasa Arab, Turki dan pengetahuan militer di Yeniseri, Dracula menyamar menjadi bagian dari kaum Muslim di setiap benteng-benteng kaum Muslim dan menghabisi benteng-benteng Islam di Rumania dari dalam

Baru pasca penaklukkan Konstantinopel di 1453, Sultan Muhammad Al-Fatih baru sempat menghadapi Dracula secara khusus. Pada 1462 Muhamad Al-Fatih memerintahkan Hamzah Bey membawa 1.000 pasukan untuk menangkap Dracula, dan nasib 1.000 pasukan ini berakhir tragis.

Dracula menggunakan kemampuan infiltrasinya dengan apa yang dia pelajari di Yeniseri, dia benar-benar memahami taktik dan strategi berperang ummat Muslim, lalu dengan gerakan-gerakan yang efektif, Dracula kemudian mengalahkan dan membantai 1.000 pasukan Muslim itu. Dracula menyula (menusuk dengan kayu dari anus hingga tembus ke kerongkongan) 1.000 pasukan ini, hingga jadi hutan mayat manusia. Hamza Bey, komandan pasukan ini, ditempatkan ditengah hutan mayat dan ditaruh di kayu paling tinggi sebagai simbol

Sejak itu Vlad III Dracul mendapat gelar "Tepes" atau "The Impaler" – "Sang Penyula", kekejamannya dikenal dan diakui dunia

Radu Cel Frumos
Mendapati hal ini, Sultan Muhammad Al-Fatih lalu menugaskan Radu Cel Frumos, adik dari Vlad III Dracula untuk memimpin 90.000 pasukan guna menghentikan Dracula. Perlu serigala untuk hentikan serigala, Al-Fatih paham bahwa Radu orang yang tepat karena dataran Rumania hanya bisa dipahami orang aslinya

Berbeda dengan kakaknya Vlad III Dracula, adiknya Radu Cel Frumos (The Handsome) ini memeluk Islam dan menjadi Muslim serta pemimpin pasukan khusus Yeniseri. Radu memimpin 90.000 menerobos hutan dan tanah berbukit Rumania untuk menyerang kakaknya Dracula yang bertahan di benteng 'Poenari' miliknya

Cetatea Poenari (Benteng Poenari)
Pertempuran ini sangat tidak mudah, mengingat Cetatea Poenari (Benteng Poenari), sangat terjal tanahnya dan sulit ditembus. Akhirnya serangan Radu pada 1462 puncaknya di Benteng Poenari terjadi malam hari yang dikenal "Atacul de Noapte" – "The Night Attack"

Radu cel Frumos menggantikan Dracula jadi pemimpin Wallachia setelah mengalahkannya. Dracula yang kalah dalam peperangan menyelamatkan diri dan lari meminta perlindungan pada John Hunyadi Raja Hungaria. Dracula menghabiskan sisa hidupnya dibawah pembunuh ayahnya, John Hunyad yang juga musuh Al-Fatih lainnya, sebelum akhirnya Dracula meninggal pada 1478 ditebas pedang pasukan Utsmani juga.

Namun warisan Dracula tetap kekal bagi dunia, kekejaman tiada banding yang dia contohkan, dan kebiadaban tanpa batas. Sampai saat ini Rumania mengakuinya sebagai pahlawan negara dalam perang salib, dan patung-patungnya bertebaran di Rumania. Bagi kaum Muslim, Dracula adalah simbol kekejaman musuh kemanusiaan, penusuk manusia, dan penghisap darah. Namun saat ini konsep Dracula, Vampir, dibuat dan dibungkus dengan bagus hingga memikat ummat Muslim dan melupakan wajah aslinya

Sedangkan Muhammad Al-Fatih, selepas memadamkan pergerakan Dracula lalu menghadapi John Hunyad, dan George Skanderberg, lawan lainnya. Kisah Muhammad Al-Fatih disamping kisah pembebasan Konstantinopel 1453 ini yang kami hadirkan dalam serial "The Chronicles Of GHAZI"

Saya dan penulis lainnya Sayf Muhammad Isa membesut novel sejarah untuk menghadirkan karakter ksatria yang dulu dimiliki punggawa perang dalam Islam, khususnya Sultan Muhammad Al-Fatih dan para ksatria Allah "Ghazi", para mujahid Turki Utsmani yang berada di garda terdepan di masanya

Seri The Chronicles Of GHAZI ini akan dirampungkan dalam 3 buku, dan buku pertama sudah bisa didapat di toko-toko buku seluruh indonesia. Karena pembentukan karakter bisa didapat dengan sejarah, dan cara penyampaian yang mudah dengan Novel.

Buku "The Chronicles Of GHAZI" dan buku-buku saya lainnya sudah bisa didapatkan di toko-toko buku di seluruh Indonesia atau bisa juga lewat pemesanan online ke www.alfatihbookstore.com atau di FB pages /alfatihbookstore dan akun twitter @alfatihcenter

akhukum,
Felix Siauw

*sumber: http://felixsiauw.com/home/muhammad-al-fatih-sang-ghazi-dan-vlad-iii-dracula-sang-pemancang/

http://www.lesprivatkasiva.com/

Tolak FPI, Massa Pendemo Rebutan Nasi Bungkus Jatah Polisi

Posted: 14 Oct 2014 06:00 AM PDT

Foto: Ilustrasi
Massa dari Forum Rakyat Penegak Hukum Demokrasi (FRAKSSI) tampak kelaparan saat tiba di depan Mabes Polri. Melihat nasi bungkus milik polisi, tanpa rasa malu mereka berebut sebelum berdemo dan berorasi.

Demostran yang terdiri dari pria dan wanita berusia sekira 20 tahun itu menyuarakan aspirasi mereka di depan Mabes Polri terkait kasus kekerasan Front Pembela Islam (FPI). Mereka menginginkan ormas tersebut dibubarkan karena membuat resah masyarakat.

Pemuda-pemudi yang mengaku dari FRAKSSI, yang terlihat begitu lemas dan kelaparan kemudian berebut mengambil jatah nasi bungkus milik polisi.

FRAKSSI mengimbau kepada kepolisian dan pihak berwenang lainnya untuk mengusut tuntas tindak anarkis FPI. Orator, Afan mengatakan tuntutan yang dikeluarkannya mutlak dari rakyat dan untuk rakyat.

"Ini dari rakyat dan untuk rakyat. Semua kasus yang tidak jelas hukumnya harus segera dituntaskan, seperti kasus FPI," serunya di depan Mabes Polri, Jakarta, Selasa, 14 Oktober 2014. (fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

DAFTAR NAMA 6 KEMENTERIAN BARU

Posted: 14 Oct 2014 05:53 AM PDT



DAFTAR NAMA 6 KEMENTERIAN BARU

Enam kementerian baru/gabungan yang mungkin diadakan atau ga ada (tergantung respon dan opini masyarakat nanti):

1. Agar ribuan aliran kepercayaan di negeri ketoprak ikut terurus, tanpa menjadikan mereka agama baru dan tanpa memaksa mereka masuk agama resmi, maka kementerian agama (Kemenag) dirubah menjadi Kementerian Agama dan Kepercayaan Indonesia (KEMAKI).

2. Agar pekerja sosial diberbagai LSM atau yayasan dengan gaji dibawah UMR bisa terlindungi, Kementerian tenaga kerja (Kemenaker) dirubah menjadi Kementerian Tenaga kerja dan Urusan Sukarelawan (KEMENTUS).

3. Agar perlindungan anak remaja makin baik, tidak ada tawuran, bulliying, trafficking, kidnapping, hingga aborsi, maka dibentuk kementerian urusan Anak-anak, Yatim piatu dan Usia dini (KEMAYU).

4. Agar pengguna internet makin beretika, saatnya guyon tidak usah serius, saatnya serius tidak usah stress, dan saatnya stress tidak menyebarkan status hoax atau membully orang, agar tidak dikira "konslet" apalgi jika dilakukan ditempat umum pakai gadget maka dibentuk Kementerian Urusan Pengguna Layanan Internet dan Gadget (KEMPLING).

5. Agar para peneliti di lembaga riset dan para pengajar di perguruan tinggi dapat bersinergi lebih baik, maka ristek dan dikti digabung menjadi Kementerian peneLitian dan pendidikan Tinggi (KEMLINTI).

6. Untuk mensinergikan energi terbarukan khususnya air dengan kebutuhan irigasi, guna revitalisasi sumber pangan dan energi maka dibentuk Kementerian Tenaga listrik dan Irigasi (KENTIR). Siapa Menterinya yang cocok?

Hehe... just a joke... not jokowi :D

*dari status group fb

http://www.lesprivatkasiva.com/

Turki Bantah Negaranya Izinkan Amerika Gunakan Pangkalan Udaranya Untuk Serang ISIS

Posted: 14 Oct 2014 05:39 AM PDT



ANKARA - Turki pada Senin (13/10), membantah  pemberitaan negaranya berikan akses Amerika untuk menggunakan pangkalan udara Incirlik menyerang ISIS di Suriah.

Seperti yang diberitakan Al Arabiya (13/10), seorang pejabat pemerintah mengatakan tidak ada kesepakatan baru tentang izin penggunakan pangkalan udara Incirlik di Turki Selatan oleh Amerika Serikat.

Selama ini, Amerika telah menggunakan pangkalan udara itu untuk keperluan logistik dan tujuan kemanusiaan.

"Tidak ada kesepakatan baru dengan Amerika Serikat tentang Incirlik," ujar pejabat yang meminta tidak disebutkan namanya, kepada AFP di Ankara.

"Tidak ada perubahan dalam posisi kami," kata pejabat itu.

Sebelumnya terdapat pemberitaan di berbagai media, Penasihat Keamanan Nasional AS Susan Rice mengatakan Turki telah setuju untuk membiarkan pasukan dari koalisi militer pimpinan AS menggunakan pangkalan Turki untuk menyerang ISIS dan melatih pemberontak Suriah yang Moderat. (AF)

http://www.lesprivatkasiva.com/

PKS Diplot 7 Kursi Pimpinan Komisi DPR

Posted: 14 Oct 2014 05:31 AM PDT


Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPR bakal mendapatkan tujuh kursi pimpinan komisi. Tujuh itu terdiri dari dua kursi ketua komisi dan lima wakil ketua.

Menurut Anggota DPR dari FPKS Aboe Bakar Al Habsy, pihaknya sudah menyiapkan nama-nama untuk menempati kursi ketua komisi I DPR dan komisi VIII.

"Komisi I (ketua) Pak Mahfudz Siddiq dan komisi VIII Bu Ledia Hanifa," kata Aboe di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/10), dilansir beritasatu.com.

"Saya wakil ketua komisi III," kata mantan anggota Komisi III ini.

Sementara untuk kursi wakil ketua, rencananya kader PKS menempati komisi II, III, V, IX dan X. "Segala dinamika bisa terjadi dalam proses pemilihan pimpinan komisi dan alat kelengkapan dewan lain. Pokoknya KMP (Koalisi Merah Putih) menyiapkan semua alternatif, semua kondisi kita siapkan," pungkas Wakil Sekjen PKS ini.

Catatan:

Komisi I

Ruang Lingkup:
-Pertahanan
-Intelijen
-Luar Negeri
-Komunikasi dan Informatika

Pasangan Kerja:
-Kementerian Pertahanan
-Kementerian Luar Negeri
-Panglima TNI dan Mabes TNI AD, AL dan AU
-Kementerian Komunikasi dan Informatika
-Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas)
-Badan Intelijen Negara (BIN)
-Lembaga Sandi Negara (Lemsaneg)
-Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas)
-Komisi Penyiaran Indonesia (KPI)
-Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Televisi Republik Indonesia (TVRI)
-Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI)
-Dewan Pers
-Perum LKBN ANTARA
-Komisi Informasi

Komisi VIII DPR

Ruang Lingkup:
-Agama
-Sosial
-Pemberdayaan Perempuan

Pasangan Kerja:
-Kementerian  Agama RI
-Kementerian  Sosial Rl
-Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI
-Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI)
-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)
-Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS)
-Badan Wakaf Indonesia (BWI)


http://www.lesprivatkasiva.com/

Dirjen Pajak : Ada Orang Kaya Dengan Asset Triliunan, Cuma Bayar Pajak 8 Juta

Posted: 14 Oct 2014 05:15 AM PDT

Sampai saat ini potensi wajib pajak untuk menggali penerimaan negara masih sangat besar. Untuk itu, Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan terus menggeber dengan melakukan berbagai cara.

Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany mempunyai cerita yang akan mengejutkan dalam menagih wajib pajak yang statusnya merupakan orang kaya di Indonesia.

"Kita dapat data selama enam bulan, ada orang yang bayar pajak hanya Rp8 juta. Padahal ini orang kaya, walaupun orang ini tidak termasuk orang kaya versi Forbes," ucap Fuad di kantornya, Jakarta, Selasa, 14 Oktober 2014.

Fuad menjelaskan, padahal orang ini mempunyai aset triliunan rupiah serta beberapa perusahaan.

Namun pada akhirnya, setelah ditelisik dan ditemui oleh pihak DJP, wajib pajak ini membayar pajak senilai Rp44 miliar sesuai dengan aset yang dimilikinya.

"Akhirnya dia mau bayar Rp44 miliar, enggak ada banding, enggak ada ngomel-ngomel. Cuma dia bilang 'oh sekarang ente sudah tahu ya gue kaya'," kata Fuad.

Dengan kasus ini, Fuad berharap dapat memaksimalkan wajib pajak khususnya orang kaya yang masih belum tersentuh.

"Itu baru satu, itu masih ada seribu orang yang kaya yang mempunyai banyak perusahaan. Dengan kerjasama ini mudah-mudahan bisa berhasil," pungkasnya. (fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

KMP Bakal Sapu Bersih Pimpinan 11 Komisi DPR?

Posted: 14 Oct 2014 04:48 AM PDT



PEREBUTAN alat kelengkapan di MPR RI berlangsung mulus, tanpa perdebatan dan juga tanpa voting. Sebaliknya dalam perebutan Pimpinan Komisi DPR RI dipastikan berlangsung panas karena akan mengikuti UU MD3 (MPR,DPR,DPD dan DPRD). Bila tidak mencapai musyawarah mufakat, maka dipastikan dilakukan dengan suara terbanyak atau voting.

Karena itu, perebutan pimpinan Komisi DPR tersebut akan menjadi pertarungan panas antara Koalisi Merah Putih (KMP) dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH). "Jadi, kita tidak mungkin atau mengacu peraturan lain. Kalau peraturan lain ya tentunya tidak akan sesuai lagi. Yang ada sekarang adalah UU MD3, dan diterjemahkan dalam tata-tertib DPR RI. Sehingga aturan itulah yang akan digunakan," tegas Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Demokrat, Agus Hermanto pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa (14/10/2014), dilansir beritakmp.com.

Menurut Agus, dalam penentuan pimpinan komisi itu nanti ada tahapan musyawarah serta pemungutan suara atau voting. "Jika dalam tahapan musyawarah sudah ada putusan, maka tidak perlu voting. Tapi, kalau tidak ada putusan dalam musyawarah, maka akan voting. Memang dalam voting di sini yang diatur adalah sistem paket," katanya.

Pengajuan judicial review yang dilakukan PDIP terkait UU MD3 sudah ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Penolakan ini menjadi keuntungan buat KMP dalam penentuan paket pimpinan DPR dan MPR karena jumlah suaranya lebih besar dibanding KIH.

Karena itu kata Agus, kalau penentuan pimpinan komisi berujung voting maka KMP punya peluang besar untuk menang lagi dan menyapu bersih paket pimpinan di 11 komisi DPR. Dan, pimpinan DPR dan pimpinan fraksi di DPR melakukan rapat konsultasi untuk memastikan jumlah komisi DPR tersebut. Selain itu, jumlah anggota dari masing-masing fraksi yang akan masuk ke setiap komisi juga akan ikut dibahas.

Sebelumnya jumlah komisi sempat diusulkan ditambah, namun banyak yang menolak. Bahkan, PDIP justru mengusulkan agar dikurangi. "Komisi biar tetap jumlahnya, kalau perlu dikurangi dari 11 jadi 9 komisi. Tidak perlu ditambah," kata anggota FPDIP Aria Bima.

Dikatakan, pengurangan komisi itu untuk efektifitas tugas komisi dengan mitra kerja. Namun, meski dikurangi, ada kelompok kerja yang dibuat berada di bawah komisi. "Komisi kan pernah 9, terus dimekarkan jadi 11. Jadi jangan ditambah jadi 13, tetapi dikembalikan jadi 9 komisi. Tapi pokja dan sub komisi ditambah," jelas Aria Bima lagi.

Soal sistem pengisiannya, PDIP berharap diselesaikan secara musyawarah mufakat atau lobi, tanpa ada sistem paket seperti pemilihan pimpinan DPR dan MPR. "Saya kira bidang-bidangnya bisa dibaca dulu, komisi I itu apa, komisi II itu apa. Tapi penentuan siapa pimpinan komisinya sebaiknya menunggu pengumuman kabinet Jokowi -JK," pungkasnya. (sumber: beritakmp.com)

http://www.lesprivatkasiva.com/

Titik Mastatho'tum Kader Dakwah

Posted: 14 Oct 2014 04:36 AM PDT



Adalah `Abdulloh al-`Azzam, seorang syaikh teladan dan anutan. Dihormati lagi disegani oleh para muridnya.

Pada suatu saat beliau ditanya oleh muridnya, "Ya syaikh, apa yang dimaksud dengan mastatho'tum?"

Sang Syaikh pun membawa muridnya ke lapangan. Meminta semua muridnya berlari sekuat tenaga mengelilingi lapangan semampu mereka. Titik dan waktu keberangkatan sama, akan tetapi waktu akhir dan jumlah putaran setiap murid berbeda.

Satu putaran masih belum terasa. Putaran ke-2 berkurang tenaga. Kini mulai berguguran perlahan di putaran ke-3. Hingga tersisa beberapa saja yang masih berusaha sekuat tenaga. Hingga akhirnya satu persatu merasa lelah, menyerah. Mereka semua pun menepi ke pinggir lapangan, kelelahan. Mereka sudah berusaha sekuat tenaga, semampu mereka.

Setelah semua muridnya menyerah, Sang Syaikh pun tak mau kalah. Beliau berlari mengelilingi lapangan hingga membuat semua muridnya keheranan. Semua murid kaget dan tidak tega melihat gurunya yang sudah tua itu kepayahan. Satu putaran masih berseri-seri. Dua putaran mulai pucat pasi. Tiga putaran mulai kehilangan kendali. Menuju putaran yang ke-4 Sang Syaikh makin tampak kelelahan, raut mukanya memerah, keringat bertetesan, nafas tersengal-sengal tidak beraturan. Tapi beliau tetap berusaha. Terus berlari sekuat tenaga, dari cepat, melambat, melambat lagi, hingga kemudian beliau pun terhuyung tanpa  penyangga. Energinya terkuras habis tak tersisa. Beliau jatuh pingsan, tak sadarkan diri.

Setelah beliau siuman dan terbangun, muridnya bertanya, "Syaikh, apa yang hendak engkau ajarkan kepada kami?"

"Muridku, inilah yang dinamakan titik mastatho'tum. Titik di mana saat kita berusaha semaksimal tenaga sampai Alloh sendiri yang menghentikan perjuangan kita," jawab Sang Syaikh dengan mantap.

Teman, semoga kita dijauhkan dari kemalasan, dari lemahnya 'azzam, dari kecilnya kontribusi kita.

Semoga kita bisa memprioritaskan alokasi tenaga secara khusus untuk perjuangan di jalan dakwah ini.

http://www.lesprivatkasiva.com/

Pukat UGM : Himbau Pengacara Jangan Jadi Menkumham

Posted: 14 Oct 2014 04:30 AM PDT

Kepala Pusat Kajian Anti-Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar berpendapat posisi menteri hukum dan HAM tak dapat dipercayakan kepada figur berlatar belakang pengacara.

"Perlu diperhatikan, menkumham nantinya jangan berlatar belakang pengacara," kata Zainal saat dihubungi, Senin, 13 Oktober 2014.

Menurut Zainal, kandidat menteri dengan latar belakang pengacara bisa memiliki konflik kepentingan untuk memberi celah hukum kepada bekas kliennya.

Zainal menambahkan, beberapa kriteria penting untuk kandidat menteri hukum dan HAM. Menurut Zainal,  menteri hukum mendatang harus memiliki integritas, kapabilitas, akseptabilitas publik yang tinggi.

"Tentu tak boleh memiliki masalah hukum," katanya.

Zainal berharap kandidat menteri hukum dan HAM harus berani menolak agenda presiden apabila tidak mendukung penegakan hukum dan HAM. Menurut dia, menteri itu hanya akan menjalankan agenda yang ditawarkan presiden.

"Kalau tidak sesuai dengan agenda yang ditawarkan presiden, maka program menteri tidak mungkin sejalan," katanya.

Menteri hukum dan HAM era pemerintah Jokowi, kata Zainal, punya sederet pekerjaan rumah. Salah satunya, dalam masa transisi pemerintahan sering kali perundang-undanganan saling tumpang tindih atau bertabrakan. (fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

[Atasi Demonstran] Ahok : Bunuh di Tempat!

Posted: 14 Oct 2014 03:45 AM PDT

Plt. Gubernur DKI Jakarta, Ahok menegaskan tidak akan membiarkan seluruh aksi unjuk rasa anarkis di Jakarta. Termasuk aksi yang bertujuan untuk menggulingkan pemimpin daerah.

Ahok menegaskan negara tidak boleh dikalahkan oleh kelompok anarkis yang mengatasnamakan kepentingan tertentu.

Untuk itu jika ada kelompok yang menghambat usaha pemerintah untuk melaksanakan hal yang diamanatkan oleh konstitusi, maka aparat harus bertindak tegas.

"Ini tugas pemerintah kalau ada kelompok bertindak anarkis dan justru mengancam nyawa banyak orang, saya minta petugas untuk tindak tegas, bila perlu bunuh di tempat sekalipun ada kamera TV menyorot," tegasnya.

Ahok menambahkan, ia pun tidak akan membiarkan aksi demostrasi yang mencoba mengulingkannya.

"Tentu saya tidak akan biarkan kalau saya diserbu sama demonstran anarkis. Saya tidak mau nanti orang-orang pasang lilin duka cita gubernur terguling di Balai Kota," ujarnya. (fs)
http://www.lesprivatkasiva.com/

Fahri Hamzah : Jokowi Dilantik di Tangga Saja

Posted: 14 Oct 2014 03:00 AM PDT

Wacana pesta rakyat untuk menyambut pelantikan Presiden RI terpilih, Jokowi-JK ditanggapi positif oleh Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah.

Menurut Fahri, pesta tersebut semakin menguatkan imajinasinya tentang pelantikan presiden seperti di Gedung Putih, Amerika Serikat (AS).

Pendukung Jokowi sendiri dikabarkan akan melaksanakan serangkaian acara dalam menyambut pelantikan Jokowi.

Rencananya, akan diadakan kirab pawai akbar yang mengantar Jokowi dari Gedung DPR RI menuju Istana Negara.

Wakil Sekjen Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu bahkan menyarankan agar sumpah pelantikan Jokowi-JK dilaksanakan di tangga gedung dewan sehingga mengundang massa yang lebih besar.

"Supaya bisa hadir semua dan imajinasi saya seperti di Gedung Putih," kata dia di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa, 14 Oktober 2014.

Fahri menambahkan, pesta pelantikan tersebut merupakan sebuah tradisi yang bagus dan harus dibiasakan oleh para pemimpin negara.

Soal pengamanan, Fahri meminta agar pihak militer selalu bersiaga agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan. "Saya kira pengamanan di belakang layar harus diperkuat," tandasnya. (fs)


http://www.lesprivatkasiva.com/

"Kesederhanaan" Jokowi, Biaya Pesta Rakyat Telan Biaya 1 Miliar

Posted: 14 Oct 2014 02:39 AM PDT

Gerakan Rakyat Dua Puluh Oktober (Geruduk) untuk merayakan pelantikan Jokowi sebagai Presiden akan diselenggarakan relawan Jokowi. Para relawan Jokowi memperkirakan, gelaran pesta rakyat ini menelan biaya Rp 1 miliar lebih.

"Kalau dihitung biaya sesungguhnya besar sekali, bisa lebih dari Rp 1 miliar," kata Presidiun Seknas Jokowi, Hilmar Farid, di markasnya, Jl Brawijaya, Jakarta Selatan, Selasa, 14 Oktober 2014.

Perkiraan biaya Rp 1 miliar itu mencakup biaya untuk tahap sebelum hari 'H' tanggal 20 Oktober 2014 dan biaya yang akan dikeluarkan untuk hari 'H'.

Namun demikian, biaya untuk acara 20 Oktober itu tidak dikelola dan dikalkulasi secara pasti lantaran biaya yang keluar bakal datang secara swadaya dari kelompok-kelompok relawan yang ikut serta.

"Kalau untuk biaya pra kondisi (persiapan sebelum 20 Oktober), kita sudah keluarkan biaya sampai sekitar Rp 100 juta," imbuh Koordinator Pusat Informasi Relawan Jokowi Panel Barus.

Biaya yang sudah keluar sekitar Rp 100 juta itu dinyatakan Panel digunakan untuk biaya mencetak undangan terbuka berupa selebaran sebanyak jutaan lembar, spanduk total 500 lembar yang akan disebar sebelum 20 Oktober di seluruh Jakarta dan di titik-titik jalur arak-arakan Jokowi-JK pada 20 Oktober, biaya atribut dekorasi, dan biaya panggung dan tata suara (sound system).

"Sebenarnya yang besar itu di hari H. Mobilisasi itu swadaya berdasar kemampuannya, makanan mereka urus sendiri. Kita berupaya ngumpulin yang mau bantu, nyumbang warteg, warung padang, dan sebagainya," tutur Panel.

Unsur biaya swadaya dan prinsip gotong royong ini, menurut Hilmar Farid, tak ternilai harganya. Bahkan para artis pengisi panggung di Monas-pun dinyatakannya tidak dibayar. Namun, Hilmar enggan menyebut nama-nama artis yang bakal mengisi acara karena semuanya masih dalam tahap konfirmasi.

"Artis-artis ada Abdee Slank, maka Slank kemungkinan besar akan berpartisipasi, ada Superman Is Dead yang masih dalam tahap konfirmasi," kata Ketua Nasional Duta Joko Widodo, Joanes Joko.

Mereka akan mulai berkumpul di seputaran Kampus Atmajaya, Semanggi. Kemudian mereka bakal menjemput Jokowi di MPR selesai pelantikan, atau Jokowi yang bakal datang ke Semanggi.

Jika mereka menjemput Jokowi ke MPR, maka arak-arakan akan melewati Slipi, Jalan Jenderal Gatot Subroto, untuk menuju Jalan Jenderal Sudirman.

Selanjutnya, mereka akan mulai arak-arakan ke Istana Negara. Akhirnya, ujung perayaan ada di Monas pada malam harinya.

------

Jokowi yang erat dengan budaya pesta, mendapat kritik keras di ruang media sosial. Laman-laman facebook penuh kritik masyarakat yang menilai bahwa pesta rakyat tersebut adalah sebuah pemborosan.

"Apalagi sekarang saudara kita di Sinabung sedang kena musibah. Mereka rakyat Indonesia juga, lho", tulis seorang pengguna facebook.

Pengguna lain, menuliskan, alangkah mulia jika pesta rakyat itu digelar di Sinabung untuk menghibur rakyat yang tertimpa musibah.

"Sebaiknya digelar di Sinabung saja. Hibur rakyat di sana!"

Ezki Suyanto, seorang jurnalis yang membagikan info pesta rakyat di laman fb nya, menyatakan, wajar kalau rakyat berpesta, meski Ezki kemudian enggan menanggapi komentar yang mengusulkan penyelenggaraan pesta rakyat di Sinabung.(fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

FPI : Salah Satu Provokator Pihak Kepolisian

Posted: 14 Oct 2014 02:15 AM PDT

Front Pembela Islam (FPI) menuding ada pihak lain yang memprovokasi massa FPI saat berunjuk rasa di depan Balai Kota DKI Jakarta pada 3 Oktober 2014.

Karena, FPI tak pernah menginstruksikan kadernya untuk berbuat anarkis saat berunjuk rasa di depan kantor Gubernur DKI Joko Widodo alias Jokowi.

"Ada upaya pihak ketiga supaya penolakan Ahok itu hilang. Kami merugi atas hal ini, sebab yang tadinya menolak Ahok tapi bergeser isunya jadi bentroknya FPI," ujar Ketua Umum FPI Habib Muhsin Ahmad Al Atthas di Jakarta, Senin (13/10/2014).

Dia mengatakan, pihaknya telah mengantongi sejumlah bukti adanya pihak ketiga yang menjadi provokator dalam aksi tersebut. Bahkan, provokator itu salah satunya adalah pihak kepolisian.

"Kita akan sampaikan ke DPRD DKI, Komnas HAM dan Komas Anak. Kita menunjukkan kalau salah diidentikan itu FPI," katanya.

Muhsin mengatakan, pihak kepolisian dinilai menyalah gunakan kewenangannya dengan sikap yang terlalu represif. Sebab banyak kader FPI yang menerima perlakukan kasar dari polisi. (in/fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

[Pemilihan Menteri Tertutup] PDIP : Rakyat tak Perlu Tahu Figur Menteri Jokowi

Posted: 14 Oct 2014 01:45 AM PDT

Pemilihan menteri secara tertutup oleh presiden terpilih, Joko Widodo dibenarkan PDI Perjuangan. Sebab, publik tidak perlu tahu soal figur menteri yang akan dipilih.

Hal itu dikatakan anggota DPR dari Fraksi PDIP, Aria Bima, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (14/10/2014), menanggapi segelintir orang bahwa Jokowi tak transparan dalam memilih menteri.

Menurutnya, pemilihan para menteri merupakan hak prerogatif presiden. Sehingga publik tidak perlu ikut berpartisipasi dalam menilai figur-figur tersebut.

"Penjaringan menteri pertisipasi itu siapapun boleh. Penyaringan itu hak prerogatif presiden. Publik tidak perlu tahu figur-figur yang akan dijadikan menteri," tandasnya.

Namun, lanjut Aria, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang perlu tahu soal pemilihan menteri dari kalangan partai. "Untuk orang partai Ibu Mega perlu tahu, kalau yang lainnya hak prerogatif presiden," kata Aria. (in/fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

Terkesan Sangat Tertutup, Penyusunan Kabinet Jokowi-JK Menuai Reaksi

Posted: 14 Oct 2014 01:00 AM PDT

Penyusunan kabinet Jokowi-JK yang terkesan sangat tertutup menuai reaksi politik. Walau sebenarnya itu adalah hak preogratif Jokowi selaku presiden.

Namun, dalam mencapai kemenangan pada pilpres 2014 lalu, peran relawannya sangat kuat. Sehingga saat sekarang sudah menang, relawan juga dinilai paling berhak tahu siapa yang menjadi menteri.

"Kalau penyusunan kabinet terkesan tertutup, sebetulnya yang perlu mempertanyakan itu adalah tim pemenangan dan relawan-relawan Jokowi-JK. Secara moral, tentu mereka lebih berhak untuk mempertanyakannya," kata anggota DPR Fraksi PAN Saleh Daulay, kepada INILAHCOM, Selasa (14/10/2014).

Selain itu, kata Saleh, tim sukses dan relawan juga tentu memiliki kepentingan untuk mengetahui siapa saja calon menteri yang akan diajak.

"Apalagi, relawan-relawan itu sudah berjanji akan ikut mengawal pemerintahan Jokowi-JK. Kan mereka ikut kerja keras. Mereka telah membuktikan kalau mereka telah berkontribusi. Masa untuk mengetahui nama-nama calon menteri pun mereka tidak diberi kesempatan?," jelas Saleh.

Menurut dia, tidak ada masalah jika Jokowi-JK memberitahu nama-nama calon yang akan diajak.

Kalaupun tidak menyebut satu nama, lanjut Ketum Pemuda Muhammadiyah ini, bisa saja mengusulkan tiga nama.

"Lalu, para relawan dan pendukungnya memberi masukan. Kalau ada perbedaan pandangan antara Jokowi-JK dan masyarakat, tinggal diberikan argumentasi logis dan rasional. Dengan begitu, semua pihak merasa telah berpartisipasi," katanya. (in/fs)
http://www.lesprivatkasiva.com/

[Pemilihan Menteri ] Jokowi Masih di Bawah Kendali Ketua Umum PDIP

Posted: 14 Oct 2014 12:15 AM PDT

Wakil Sekjen Partai Demokrat Ramadhan Pohan menuding presiden Joko Widodo terkesan tidak menentukan dalam menempatkan menteri-menteri untuk pemerintahannya nanti. Ini karena pemilihan menteri yang tidak transparan.

Menurut Ramadhan, penunjukan menteri yang sejatinya hak prerogatif Jokowi selaku presiden terpilih, nyatanya bukan di tangannya.

"Jokowi tersandera internal sendiri. Persoalannya, beliau (Jokowi) nggak megang di pusaran kekuasaan. Inplisit, sekadar simbolik dan latar depan saja di percaturan politik," kata Ramadhan kepada INILAHCOM, Senin (14/10/2014).

Ramadhan menduga Jokowi masih di bawah kendali Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Sehingga pemilihan menteri saja, Jokowi tidak bisa mengambil keputusan.

"Jika ada apa-apa, misalnya seleksi menteri yang nggak transparan, seleksi ala kucing dalam karung, itu orang tahunya Jokowi. Sebab dia yang presiden," kata Ramadhan.

Diketahui, hingga sekarang ini Jokowi belum mengumumkan nama-nama calon menterinya untuk pemerintahan nanti. Jokowi berencana mengumumkan nama-nama menterinya setelah 20 Oktober 2014. sebagai boneka Megawati bukan menjadi rahasia umum. Hingga saat ini tim yang dipercaya masih menyeleksi para calon menteri dimaksud secara tertutup.Seleksi calon menteri secara tertutup dinilai sejumlah kalangan sangat baik agar tidak menimbulkan rasa malu terhadap mereka yang tidak lolos seleksi. (in/fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

[Harga Bus Rp1,3 M] Bus KPK Jangan Dilempari Batu

Posted: 13 Oct 2014 11:30 PM PDT

Pihak Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeli bus AntiCorruption Learning Center (ACLC). Mobil ini akan digunakan sebagai sarana pembelajaran antikorupsi kepada masyarakat.

Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja menjelaskan pengadaan bus ACLC sebagai langkah jemput bola. KPK akan menanamkan nilai antikorupsi kepada masyarakat.

"KPK ingin menjangkau hingga ke pelosok daerah di Indonesia sehingga nilai antikorupsi bisa disebarkan secara agresif. Ini seperti kelas berjalan," kata Adnan di kantornya, Jakarta, Selasa (14/10/2014).

Bus itu dilengkapi 11 perangkat komputer, telivisi layar datar, sound system, layar besar berukuran 12 meter persegi, tenda hedrolik dan mini panggung.

Sejumlah materi antikorupsi yang bisa diakses di dalam bus seharga Rp 1,3 miliar ini adalah teori dan strategi antikorupsi, modul pendidikan antikorupsi, pengadulan masyarakat, pengelolaan gratifikasi dan tata cara pelaporan LHKPN.

Adnan mengatakan bus ini hasil kerja sama dengan GIZ Jerman dalam upaya pencegahan antikorupsi "Bus ini harap dijaga, harganya mahal, kita berharap ketika masuk kota dijaga Jangan sampai dilempari batu oleh orang yang benci KPK," kata Adnan. (in/fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

Nasib PPP Makin Tak Jelas

Posted: 13 Oct 2014 10:50 PM PDT

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) hingga saat ini masih saja bertikai antar kubu Suryadharma Ali dengan kubu Emron Pangkapi. Bahkan, kedua kubu ini akan menggelar muktamar di tanggal yang berbeda.

Pengamat dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro mengatakan, dengan adanya dua muktamar di hari yang berbeda dan diselenggarakan oleh dua kubu yang berbeda pula, menunjukkan bahwa ishlah antar kubu yang bertikai belum tercapai.

"Kedepan, kalau kondisi ini berlanjut tak tertutup kemungkinan nasib PPP makin tak jelas, dengan adanya dua kepengurusan yang berbeda di PPP," kata Zuhro, Senin 13 Oktober 2014.

Menurut dia, bagaimana partai berlambang Ka'bah itu menjadi partai yang beramar ma'ruf nahi munkar kalau di internalnya sendiri saja tidak mampu mencerminkan dan menunjukkan hal tersebut. Sehingga, dampaknya tentu berkoalisi dengan kubu manapun PPP tidak akan bisa hadir utuh karena secara institusional terbelah.

"Ini pula tampaknya yang menimbulkan kesulitan KMP ketika wakil PPP tak bisa disepakati oleh kedua kubu (SDA dan Emron)," ujarnya.

Ia menambahkan, tak tertutup kemungkinan setelah kubu Emron selesai menggelar muktamar, akan diumumkan bahwa PPP kubunya merapat ke koalisi Indonesia hebat (KIH). Sedangkan, kubu SDA akan tetap berada di koalisi merah putih (KMP).

"Artinya, masing-masing kubu menentukan koalisi yang dipilihnya sesuai dengan preferensi politiknya masing-masing," jelas dia.

Seperti diketahui, ada dua versi Muktamar PPP, yaitu muktamar kubu Romahurmuziy pada 15 Oktober dan muktamar yang digelar kubu SDA pada 23 Oktober mendatang. (in/fs)

http://www.lesprivatkasiva.com/

Habib Muhsin: Silahkan FPI Dibubarkan, Tapi....

Posted: 13 Oct 2014 07:57 PM PDT



Ketua Umum DPP Front Pembela Islam (FPI), Habib Muhsin Ahmad Alatas, mempersilahkan pihak-pihak yang ingin membubarkan organisasi bentukan Habib Rizieq itu.

Namun dia mengingatkan, FPI menurutnya ormas resmi dan terdaftar di Kementerian Dalam Negeri sejak tahun 2009.

"Silahkan saja kalau FPI bisa dibubarkan. Tapi kalau dibubarkan ada rekayasa hukum dan kami akan melawan sesuai syariat Islam. Ada yang mengatakan membubarkan FPI, tidak ada masalah," kata Habib Muhsin saat konferensi pers di Gedung DPD RI, Jakarta, Senin (13/10), dilansir tribunnews.

Pengganti Habib Rizieq itu menegaskan FPI tidak akan pernah hilang sebelum hukum ditegakkan dan selama liberalisme masih terjadi, serta antek-antek asing dan aseng bercokol di tanah air.

"Kalau FPI dibubarkan lima menit lagi akan ada FPI lagi dengan nama lain. Yang penting tegakkan hukum, hilangkan liberal, asing dan aseng. Kalau sudah hilang, FPI akan bubar sendiri," ujarnya.

"Tapi selama asing dan aseng bercokol menghancurkan tatanan Indonesia, FPI tidak akan bubar," ujarnya.

"Kami ini setia pada NKRI, Pancasila, dan UUD 1945 yang asli,'' tegas Habib Muhsin menambahkan.

Sebagaimana diberitakan, usul pembubaran FPI bermula dari Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok).

"Bubarkan saja (FPI), tinggal kita cari caranya gimana bubarinnya kan," tegas Ahok saat ditemui di Balai Kota DKI JL Medan Merdeka, Senin pekan lalu (6/10/2014).

Keinginan Ahok membubarkan FPI sebagai bentuk reaksi karena FPI menolak pelantikan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sebagai Gubernur DKI Jakarta. FPI telah berulang kali menggelar aksi penolakan tersebut.


http://www.lesprivatkasiva.com/

FAKTA Mencengangkan Dibalik Zuckerberg ke Indonesia

Posted: 13 Oct 2014 07:35 PM PDT



Ada sebuah data yang menarik, bahwa Facebook terindikasi mulai ditinggal oleh para pengguna usia muda. Setidaknya tren yang terjadi di Amerika, sebagaimana ditulis oleh Business-Time, sejak 2011 s/d 2014,  jumlah pengguna Facebook yang berusia 13-17 tahun merosot sebanyak 25%. Jumlahnya dari 13,1 juta pengguna pada 2011,  menjadi hanya 9,8 juta pengguna saja pada 2014. Masih sebagaimana ditulis Business-Time, "Facebook has 4,292,080 fewer high-school aged users and 6,948,848 college-aged users than it did in 2011." Artinya, Facebook kian hari, tampaknya terindikasi kian tak diminati oleh pengguna Internet berusia muda di Amerika.

Jelas ini dapat saja berdampak pada harga iklan (dan potensi pendapatan) yang dapat dipatok (dan diraup) oleh Facebook. Mengapa?

Seperti ditulis oleh Business-Time, anak muda adalah pangsa pasar yang paling mudah dipengaruhi oleh iklan. Dan pemasar produk atau jasa, sangat menggemari pangsa pasar anak muda. Dan karena kini Facebook mulai ditinggal oleh anak muda, maka tentu harga iklan harus disesuaikan. Ini jelas akan berpengaruh pada bisnis Facebook kedepannya, karena (calon) pemasang iklan juga akan berhitung dan mengkalkulasi ulang dengan cermat. Walau memang mekanisme iklan yang disediakan oleh Facebook, tidak melulu tentang kuantitas target (massive reach), tetapi juga selected target.

Yang jelas, bahkan setahun lalu Facebook telah diberitakan oleh The Guardian tentang mulai kehilangan pangsa pasarnya di sejumlah negara yang telah "matang" (baca: jenuh), seperti di Amerika, Inggris, Kanada, Spanyol, Perancis, Jerman dan Jepang. Ini mungkin mengingatkan kita pada kisah Friendster dan MySpace, yang sempat berjaya pada masanya, dan kemudian hanya tinggal kenangan yang makin memudar.

Di pasar yang sudah jenuh, tentu saja tidak akan ada lagi pertumbuhan pengguna yang signifikan. Pun, berdasarkan sebuah studi, para pengguna Internet berusia muda kini mulai beralih ke Twitter, Instagram dan Whatsapp. Alasannya, karena Facebook sudah "dicemari" dengan hadirnya para orang tua atau mereka yang  lebih dewasa. Dan, Facebook pun "terpaksa" menghadang Instagram dengan cara mengakuisisinya, pada April 2012.

Mark Zuckerberg, pendiri Facebook, dan kawan-kawannya harus memutar otak untuk mengatasi masalah di atas. Lantas salah satu solusi yang dihasilkan, Facebook harus melakukan ekspansi internasional untuk memperluas pasar layanan iklannya. Selain itu, Facebook juga mulai membidik pengguna mobile (smartphone atau tablet) sebagai target pemasangan iklannya. Pangsa pasar iklan untuk mobile secara global, masih dikuasai oleh Google sebesar 46,8% dan Facebook sebesar 21,7%.

Mengapa Indonesia?

Indonesia adalah pasar (potensial) yang besar bagi Facebook. Facebook memiliki 69 juta pengguna dari Indonesia. Facebook masuk dalam 3 (tiga) besar situs yang paling banyak dikunjungi dari Indonesia. Dan Indonesia adalah 4-besar negara dengan pengguna Facebook terbanyak.

productIndonesia memiliki jumlah pengguna Internet lebih dari 70 juta orang pada awal 2014. Adapun untuk jumlah nomor telepon seluler aktif mencapai sekitar 270 juta nomor.

Untuk itulah melalui program Internet.org, menurut TechCrunch, sebenarnya tujuan Facebook tak lain adalah untuk memuluskan (infrastruktur) bisnis iklannya. Memang tujuan Internet.org adalah mendorong agar kecepatan jaringan mobile bisa meningkat signifikan. Dan tentu saja, semakin bagus infrastrukturnya, akan semakin mulus iklan digelontorkan.

Sebagaimana diujarkan oleh salah satu petinggi Facebook, Dan Neary, beberapa bulan lalu,"mobile has become a big focus for us as a company and in our markets such as Indonesia." Tambah VP Facebook untuk Asia Pasifik tersebut, "I think we love Indonesia from an overall market standpoint."

Jadi tak ada yang perlu dikagumi secara berlebihan dari hadirnya Zuckerberg ke Indonesia. Jelas, Facebook, sebagaimana Google, Twitter dan lainnya, memandang (dan membutuhkan Indonesia) sebagai pasar atas produk (iklan) mereka. Mereka datang ke Indonesia, karena Indonesia hebat (sebagai pasar). Kepedulian mereka tak mungkin lepas dari kepentingan bisnis. Apapun program yang mereka jalankan atau dalih yang mereka sampaikan, think again, do they really care with the Indonesian people? Silakan Anda jawab sendiri…. :)

Yang jelas, jika Indonesia tidak memiliki strategi dan rencana kerjasama dan negosiasi yang ajeg serta tangguh, maka akan seterusnya posisi kita hanya sebagai pasar (baca: konsumen) bagi produk Internet global. Sayang sekali…

Update:

Tahukah Anda, usai kunjungan Zuckerberg ke Indonesia (dan sebelumnya ke India), nilai saham Facebook beranjak naik (rebounce) pada Senin (13/10/2014)? Padahal dari Rabu (8/10/2014) s/d Jumat (10/10/2014) nilai saham tersebut sempat terjun bebas. Kebetulan? Bisa jadi. (Kunjungannya ke) Indonesia "menyelamatkan" Facebook? Sangat mungkin.

India, Indonesia dan China adalah termasuk negara "big fish to fry", yang menjadi target ekspansi bagi Facebook. Seperti pula ditulis oleh VentureBeat, apalagi jumlah pengguna Facebook di India dan Indonesia adalah masuk dalam 4 besar secara global Sedangkan China (Tiongkok) walau memang negara yang menggiurkan bagi Facebook dari sisi jumlah pengguna Internetnya, namun perjuangan menembus  China sangatlah berat. (NB: paragraf ini juga sebagai ralat atas twit saya. Yang saya maksudkan dalam twit tersebut adalah potensi ketiga negara yang signifikan, dan seharusnya tidak merujuk pada jumlah dan/atau prosentase pengguna Internet).

-dbu-

*sumber: http://donnybu.com/2014/10/13/ngapain-sebenarnya-zuckerberg-ke-indonesia/

http://www.lesprivatkasiva.com/

Dimata MetroTV, KMP itu Bukan Representasi Rakyat

Posted: 13 Oct 2014 07:22 PM PDT



Ini metro sudah jadi anti demokrasi. Memaksa yg harusnya menang adalah KIH, KMP gak boleh menang krn diangap "merampok" kekuasaan.

Di mata metro, KMP itu bukan representasi rakyat, bukan warga Indonesia, shingga gak layak menang meski menang dengan sportif.

Metro menjadikan KMP itu musuh KIH, mengapresiasi WO nya fraksi KIH dan membanggakan KIH yg tdk hadiri pelantikan pimpinan DPR.

Menang secara sportif dianggap haram, menang dgn curang dibangga banggakan. Kerjaan media abal-abal merusak sistem negara kita.

Metro harusnya diberi sanksi berat karena provokasi dan hasut membahayakan bangsa & negara!

(@bayprio)


http://www.lesprivatkasiva.com/

Jawaban Gubernur Sumbar Terkait Video Kekerasan Pelajar SD Bukittinggi

Posted: 13 Oct 2014 06:30 PM PDT



Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno akhirnya menjawab berbagai pertanyaan terkait video kekerasan pelajar SD yang terjadi di Kota Bukittinggi. Berikut pemaparannya dalam akun twitter @irwanprayitno pada pukul 21.00 Wib, Senin (13/10) Malam;

1. Menjawab berbagai pertanyaan terkait video kekerasan pelajar SD, berikut beberapa poin yang ingin disampaikan:

2. Wako Bukittinggi Bpk Ismet Amzis tlh mlkkn tindakan atas peristiwa yg tjd di sebuah sekolah dasar di Bukittinggi.

3. Menurut Wako, dirinya sdh memanggil seluruh wali murid dan guru2 terkait serta pihak sekolah,

4. dan sudah memberi sanksi kepada guru yang lalai serta melakukan pembinaan kepada masing masing wali murid.

5. Gubernur akan membuat Pergub yang memberikan penekanan kepada peran dan tugas guru di kelas.

Demikian penjelasan yg bisa disampaikan.

Sebagaimana diberitakan berbagai media, publik kembali dikagetkan dengan aksi kekerasan yang dilakukan anak-anak SD di daerah Bukittinggi, Sumatera Barat. Aksi tersebut direkam dengan ponsel dan videonya beredar luas di dunia maya, Minggu (1210/2014) kemarin.

Video tersebut diunggah ke Facebook dan situs Youtube. Pengguna Facebook dan Youtube mengaku kaget dan ngeri sebab pelaku dan korban adalah bocah SD. Apalagi peristiwa terjadi di ruang kelas.

Di salah satu video berdurasi 4 menit 15 detik, tampak seorang siswi berjilbab berdiri di pojok kelas, dia jadi sasaran pukulan dan tendangan teman-temannya. Berkali-kali ia menerima pukulan dan tendangan.

Siswi korban pemukulan tak melawan. Ia hanya berusaha menangkis serangan teman-temannya yang datang bergelombang. Di akhir video, ia menangis tapi teman-temannya tetap memukul dan menendangnya. Meski di ruang kelas, pelaku pemukulan begitu leluasa. Mereka sempat menampakkan mukanya ke kamera sambil tersenyum seolah tak berdosa.(sumber: pasberita/detikcom/ibn)

http://www.lesprivatkasiva.com/

Hidayat Nur Wahid Tak Ikut Pimpinan MPR Saat Bertemu Jokowi, Ada Apa?

Posted: 13 Oct 2014 06:00 PM PDT


Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid tidak hadir saat pimpinan MPR bertemu presiden terpilih Jokowi-JK di rumah dinas Gubernur Jakarta di kawasan Menteng, Senin (13/10).

Ketidakhadiran Hidayat disebabkan politisi PKS ini sedang menjalankan tugas menghadiri sidang Inter-Parliamentary Union (IPU) di Swiss.

Dalam sidang IPU ini, Indonesia mengajukan Nurhayati Asseggaf sebagai calon presiden IPU 2014-2016. Pencalonan Nurhayati Assegaff sebagai presiden IPU sangat penting bagi parlemen Indonesia. Indonesia diharapkan akan menjadi jembatan bagi IPU untuk menyatukan berbagai parlemen yang begitu beragam.

"Pak Hidayat Nur Wahid sebelumnya sudah minta izin ke pimpinan MPR, dan dijadwalkan 17 Oktober 2014 sudah kembali ke Tanah Air," kata Sekretaris Jenderal MPR Eddie Siregar di Senayan Jakarta, Senin (13/10), dikutip Antara.

Walaupun Hidayat tak ikut saat Pimpinan MPR bertemu Jokowi-JK, Sekretaris Jenderal MPR Eddie Siregar memastikan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid akan hadir dalam pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden M Jusuf Kalla pada 20 Oktober 2014 mendatang.

"Saya pastikan beliau (Hidayat Nur Wahid) akan hadiri pelantikan presiden Jokowi dan wapres M Jusuf Kalla," tegas Eddie Siregar.

http://www.lesprivatkasiva.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar